BANGGA, Indramayu Dapat Rekor MURI Dodol Mangga Gedong Gincu Terpanjang di Dunia

BANGGA, Indramayu Dapat Rekor MURI Dodol Mangga Gedong Gincu Terpanjang di Dunia di Hari Pangan Sedunia

BANGGA, Indramayu Dapat Rekor MURI Dodol Mangga Gedong Gincu Terpanjang di Dunia
Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Potret dodol mangga gedong gincu terpanjang di dunia sepanjang 130 meter di Lapangan Atletik Sport Center Indramayu, Rabu (2/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke-39 Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 diwarnai dengan pemecahan sebuah Rekor MURI.

Dodol mangga gedong gincu yang dipajang dalam HPS Ke-39 Jabar itu memecahkan Rekor MURI sebagai dodol terpanjang di dunia.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Rekor MURI Indonesia kepada Kabupaten Indramayu di Lapangan Atletik Sport Center Indramayu, Rabu (2/10/2019).

Intip Pemberi Kenikmatan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un, Diwajibkan Semuanya Perawan

Senior Manager Muri Indonesia, Ariani Siregar mengatakan, Kabupaten Indramayu banyak mencetak prestasi di Rekor MURI Indonesia.

Sebelumnya, Kabupaten Indramayu tercatat memecahkan Rekor MURI Kurikulum Pendidikan Lingkungan Hidup berbasis Mangrove di sekolah formal pada Februari 2019.

"Pada hari ini Rabu, 2 Oktober 2019, kami dari Rekor MURI Indonesia mengukuhkan secara resmi rekor dunia rangkaian tulisan dari rangkaian dodol mangga gedong gincu terpanjang di dunia," ujar Ariani kepada wartawan.

Ariani menyampaikan, penetapan tersebut berdasarkan hasil dari survey dan riset yang dilakukan tim Rekor MURI Indonesia.

Pemberian penghargaan rekor MURI Indonesia kepada Wakil Bupati Indramayu, Taufik Hidayat di Lapangan Atletik Sport Center Indramayu, Rabu (2/10/2019).
Pemberian penghargaan rekor MURI Indonesia kepada Wakil Bupati Indramayu, Taufik Hidayat di Lapangan Atletik Sport Center Indramayu, Rabu (2/10/2019). (Tribuncirebon.com/Handhika Rahman)

Perbandingan Gaji Puan Maharani Saat Jadi Menteri dan Ketua DPR RI, Nominalnya Fantastis

Baru Meninggal 1 Jam, Mayat Wanita ini Disetubuhi di Kamar Mayat, Suami Korban Kaget Lakukan Hal Ini

"Padahal yang diusulkan itu 120 meter tapi saat sudah disurvey ternyata ada sepanjang 130 meter," ucap Ariani Siregar yang disambut tepuk tangan tamu undangan.

Pantauan Tribuncirebon.com di lokasi, dodol mangga gedong gincu itu dirangkai menjadi sebuah ucapan "Hari Pangan Sedunia Ke 39 TK. Provinsi Jawa Barat Kabupaten Indramayu".

Adapun, komposisi yang digunakan untuk membuat dodol sepanjang 130 meter itu, disebutkan oleh Ariani Siregar, terbuat dari buah mangga gedong gincu seberat 720 kilogram dan gula sebanyak 90 kilogram.

Niat Jalan-jalan ke Monas Ajak Ponakannya, Joko Widodo Justru Diamankan Polisi Saat Ricuh Unjuk Rasa

Hadir dalam pemecahan rekor itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum serta perwakilan Kota/Kabupaten di Jawa Barat.

Uu yang saat itu mengenakan topi caping juga terlihat mencicipi dodol tersebut seusai prosesi pemberian piagam penghargaan.

"Ini enak, rasanya juga asli. Ini benar terbuat dari mangga gincu," ujar Uu Ruzhanul Ulum.

Peringati Hari Batik, Ribuan Pelajar dari 17 Sekolah di Cirebon Pecahkan Rekor MURI Membatik Massal

Kegiatan pemecahan Rekor MURI ditutup dengan foto bersama Wakil Bupati Indramayu Taufik Hidayat dan Senior Manager Muri Indonesia Ariani Siregar.

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved