Gerombolan Monyet dari Curug Cimahi Serbu Rumah-rumah Warga Hingga Bikin Resah, Ini Yang Mereka Cari

Warga Kampung Cisarua RT 3/6, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB) merasa resah dengan adanya kawanan monyet

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Monyet dari Curug Cimahi ketika berkeliaran di rumah warga. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

CISARUA - Warga Kampung Cisarua RT 3/6, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB) merasa resah dengan adanya kawanan monyet yang kerap turun dari Curug Cimahi ke kampung mereka.

Seperti yang terlihat pada Kamis (5/9/2019), kawanan monyet itu berkeliaran di atas genting rumah milik warga, bahkan monyet tersebut sesekali berusaha untuk memasuki ke dalam rumah dengan cara merusak genting rumah.

Tak hanya itu, terlihat juga ada kawanan monyet yang mengacak-acak tumpukan sampah di rumah warga, tujuannya tak lain hanya untuk mencari sisa makanan yang berada di tumpukan sampah tersebut.

Menurut warga setempat Ali (40), biasanya monyet itu berkeliaran di sekitar Kampung Cisarua untuk mencari makanan karena mereka kelaparan akibat sudah tidak ada makanan di sekitar Curug Cimahi.

"Setahu saya pohon buah di sekitar curug sudah mulai jarang, apalagi sekarang musim kemarau. Biasanya monyet itu makan pucuk, tapi sekarang pucuk juga sudah kering," ujar Ali di kediamannya, Kamis (5/9/2019).

Bahkan semenjak monyet itu turun ke perkampungan, kata Ali, Kebun brokoli miliknya yang sudah ditanam habis dijarah oleh kawanan kera tersebut, sehingga ia berharap ada perhatian dari pihak terkait.

"Semoga ada upaya dari Perhutani atau pemerintah untuk menanggulangi monyet yang selalu berkeliaran di kampung kami," ucapnya.

Sementara warga lainnya, Elas (54) mengaku, monyet itu tak menyerang warga, tetapi warga tetap merasa resah karena hewan primata itu kerap membuat rusak rumah warga, terutama genting.

"Genteng dan langit-langit rumah jebol akibat ulah kera itu karena kera lompat kesana - kemari dan genteng rumah juga diangkat kemudian masuk dan menjebol langit-langit rumah," katanya.

Ia mengatakan, monyet-monyet itu biasanya mencari makanan yang berada di dalam rumahnya, sehingga rumah warga pun pernah diacak-acak, sehingga hal tersebut membuat warga resah.

Kawanan monyet, lanjutnya, kerap berkeliaran di sekitar rumah warga pada pagi dan sore hari, namun saat malam hari pun terkadang mereka datang dengan mengeluarkan suaranya.

"Tapi lebih seringnya saya dengar suaranya itu ketika monyet-monyet berantem saat malam hari," kata Elas. (*)

Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved