Breaking News:

UPDATE Laka Tol Cipularang: Ternyata Begini Kronologi Kejadian Awal Versi Polda Jabar di KM 91

Polda Jawa Barat menjelaskan kronologis kecelakaan nahas yang melibatkan puluhan kendaraan yang terjadi di KM 91

Tribun Jabar/Ery Chandra
Sebuah kendaraan truk kontainer terguling dalam kecelakaan beruntun di Tol Cipularang, Senin (2/9/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Polda Jawa Barat menjelaskan kronologis kecelakaan nahas yang melibatkan puluhan kendaraan yang terjadi di KM 91, Tol Cipularang.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Rudy Sufahriadi didampingi oleh Kapolres Purwakarta, AKBP Matrinus tampak memantau kondisi korban kecelakaan di Rumah Sakit MH. Thamrin.

Irjen Rudy Sufahriadi menyampaikan kecelakaan beruntun ini terjadi pertama kali karena adanya dump truk yang terguling hingga mengakibatkan pengemudi dan penumpangnya meninggal. Pihaknya juga melakukan penyelidikan. Dump truk tersebut, kata Rudy, awal dari kecelakaan beruntun. Bahkan, sopir dump truk tersebut mengaku sempat lakukan komunikasi dengan sopir dump truk yang sama. 

"Dump truk pertama alami rem blong. Tapi, saat ditanya dia berhasil mengerem. Dan kemudian si sopir yang kedua mengatakan rem saja, berhenti saja dulu. Baru, setelah bilang begitu mobil pun berhenti, terguling, dan sopir meninggal," kata Rudi di RS MH Thamrin, Purawakarta, Selasa (3/9/2019)

Selanjutnya, ketika si sopir itu tak dapat menguasai kendaraannya, kata Rudy, tabrakan beruntun pun tak terhindarkan, yang menyebabkan banyak korban meninggal dunia, serta kendaraan yang terbakar. 

"Kesimpulan sementara mobil truk itu gak bisa kuasai medan yang ada, ditambah memang beban yang dibawa melebihi dari kapasitas. Nanti akan kami tetapkan siapa tersangkanya," ujarnya. 

Gunakan Alat Canggih

Polisi akan lakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan beruntun yang mengakibatkan delapan korban meninggal dunia dan puluhan orang lainnya luka-luka.

Kecelakaan yang terjadi di Tol Cipularang KM 91, Desa Pasirmunjul, Sukatani, Purwakarta melibatkan puluhan kendaraan.

Halaman
12
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved