Cuaca Panas Cocoknya Minum Yang Segar, Yuk Coba Es Sagwan Minuman Khas Tegal

Membicarakan Kota Tegal, tentu langsung terbayang di benak Anda lezatnya sate batibul dan wanginya aroma moci.

Cuaca Panas Cocoknya Minum Yang Segar, Yuk Coba Es Sagwan Minuman Khas Tegal
Tribun Jateng/Fajar Bahruddin
Jajanan khas Kota Tegal Es Sagwan. 

TRIBUNCIREBON.COM - Membicarakan Kota Tegal, tentu langsung terbayang di benak Anda lezatnya sate batibul dan wanginya aroma moci.

Namun jangan salah, masih banyak berbagai kuliner khas Kota Tegal yang perlu Anda datangi dan cicipi kelezatannya. Satu di antaranya adalah es sagwan.

Hidangan es asli Tegal yang sudah ada sejak 1960. Secara tampilan, es sagwan seperti es dawet ayu Banjarnegara dengan tumpukan es di atasnya yang diserut halus. Bedanya, cendol pada es dawet pada umumnya berbahan tepung beras, namun cendol di es sagwan berbahan aci.

Selain kenyal di mulut, aci dalam es sagwan membuat hidangan menjadi gurih. Es sagwan bisa Anda temui di kedai Warung Es dan Soto Sagwan milik Bu Ning di Jalan AR Hakim Kota Tegal.

Ning Sagwan (45) mengatakan, es sagwan pertamakali dicetuskan ayahnya yang bernama Sagwan. Es tersebut berisikan cendol yang berasal dari aci. Kemudian es diberi sirup dengan dua varian, ada sirup gula pasir dan sirup gula jawa.

Cuaca Panas Enaknya Yang Segar-segar, Ini 9 Minuman Es Yang Bisa Bikin Segar

Menjajal Aneka Varian Es Krim Scoop di Kafe Kop Ice Cream, Harga Terjangkau Yuk Coba

“Enaknya es ini karena manis. Selain pakai sirup, sebagai pewangi saya kasih pandan,” kata Ning kepada tribunjateng.com, Minggu (21/7/2019).

Ning mengatakan, ia melanjutkan usaha orangtuanya yang berama Sagwan sejak 15 tahun yang lalu. Ada pun orangtuanya, menurut Ning berjualan es sagwan sejak 1960. Setiap harinya Ning berjualan sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00.

Selain es sagwan, Ning pun menyediakan berbagai hidangan soto dan sop.

“Saya melanjutkan bapak sudah sejak 15 tahu lalu. Satu porsi es sagwan saya jual Rp 6000,” ungkap Nur warga asli Desa Kepandaian, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal.

Pengunjung, Aisyah (22) mengaku dibuat penasaran dengan rasa gurih dari es sagwan. Menurutnya cendol di es sagwan itu rasanya seperti kelapa. Selain gurih, rasa manis esnya pun enak.

“Yang bikin penasaran itu putih-putihnya. Kaya kelapa muda tapi bukan,” katanya.

Hal serupa juga dikatakan Rosai (34), warga Adiwerna yang menyengaja mampir untuk mencicipi es sagwan. Rosai mengatakan, es sagwan itu paduan dari rasa manis dan gurih. Menurutnya kenya-kenyal di es sagwan terasa enak.

“Es sagwan rasanya enak, terasa manis dan gurih,” katanya. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Es Sagwan Jajanan Khas Kota Tegal, Kenyal dan Manis, https://jateng.tribunnews.com/2019/07/21/es-sagwan-jajanan-khas-kota-tegal-kenyal-dan-manis.
Penulis: Fajar Bahruddin Achmad
Editor: m nur huda

Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved