Begini Tips Menghadapi Ular Ala Steve Ewon, Pemilik Rumah Ular Berisi 12 Ekor Ular Sanca

Rumah Ular milik Steve Ewon ada di lahan seluas 100 meter per segi dengan pagar bambu yang dibuat bergelombang sebagai pembatas dengan rumah warga

Begini Tips Menghadapi Ular Ala Steve Ewon, Pemilik Rumah Ular Berisi 12 Ekor Ular Sanca
KOMPAS.com/PUTRA PRIMA PERDANA
Steve Ewon. 

TRIBUNCIREBON.COM, CISARUA - Steve Ewon, pria kelahiran Majalengka, Jawa Barat membuat rumah ular yang dihuni 12 ekor ular sanca. Rumah Ular tersebut dibuat untuk media edukasi tentang ular kepada masyarakat.

Rumah Ular milik Steve Ewon ada di lahan seluas 100 meter per segi dengan pagar bambu yang dibuat bergelombang sebagai pembatas dengan rumah warga di Gang Masjid Al-Muminun, Kampung Cisarua, Desa Kertawangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Bahkan salah satu sisi kandang langsung menempel dengan tembok rumah tetangganya.

Jangan Sampai Anda Terkena Diabetes, Begini Cara Keluarkan Gula Darah di Tubuh dalam Waktu 3 Hari

Selain ada 12 sanca, dalam Rumah Ular juga dihuni seekor kelelawar yang bertugas untuk menjaga. Kelelawar berfungsi seperti alarm yang akan mengeluarkan suara keras jika ada orang asing masuk ke dalam rumah ular.

"Kenapa bisa ada rumah ular karena awalnya dulu ular-ular ini adanya di dalam rumah saya. Ada yang di lemari, di bawah kasur, biasa main sama keluarga saya juga. Nah, makin lama makin banyak. Makanya kemudian dikondisikan dan dibuatlah Rumah Ular ini,” ujar Ewon kepada Kompas.com, Rabu (26/6/2019).

Saat masuk ke dalam Rumah Ular dengan ruangan berdinding triplek yang luasnya tidak lebih dari 20 meter per segi, terdapat sejumlah kotak kaca yang ditempati ular jenis python reticulatus atau sanca kembang.

Pria yang pernah memiliki program khusus menangkap ular liar di salah satu stasiun televisi swasta itu mengatakan telah empat tahun membuat Rumah Ular. Dia mengaku tetangga tidak mempermasalahkan karena keluarganya sudah dikenal oleh warga sebagai pawang ular.

Elah Hanya Bisa Pasrah Suami Tewas Dililit Ular Sanca Piaraan Sendiri

Dengan niat awal sebagai sarana edukasi, warga sekitar pun sudah tidak khawatir lantaran ikut mendapatkan ilmu dan pengetahuan tentang ular dari Ewon.

“Jelas tujuannya untuk mengedukasi masyarakat. Harapannya dengan rumah ular ini masyarakat bisa mengenal lebih dekat dengan ular dan memberikan tempat untuk ular,” ucapnya.

Tidak hanya untuk masyarakat sekitar saja, Ewon bahkan mempersilakan siapapun yang ingin belajar tentang sifat dan perilaku ular untuk datang ke Rumah Ular. Bahkan, setiap akhir pekan Rumah Ular Steve Ewon sering mendapat kunjungan dari murid-murid sekolah SD dan SMP hingga komunitas-komunitas pecinta reptil.

Halaman
12
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved