Breaking News:

Harga BBM

Naik Atau Turun? Harga BBM Bakal Diumumkan Setiap Pekan Mengikuti Harga Minyak Dunia

Pemerintah bakal mengumumkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sekali dalam sepekan.

Tribunnews
Pertamina 

TRIBUNCIREBON.COM- Pemerintah bakal mengumumkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sekali dalam sepekan.

Wakil Menteri BUMN Pahala Mansuri mengatakan bahwa pengumuman harga BBM bakal disesuaikan dengan perubahan harga minyak mentah dunia dalam sepekan. 

"Ini kita bagaimana melakukan sosialisasi, pemahaman kepada masyarakat mengenai penyesuaian BBM," ujar Pahala seperti dikutip dari Antara, Selasa (24/1/2023). 

Pahala menyebut, pemerintah akan mengumumkan harga BBM setiap minggu untuk jenis BBM umum atau BBM di luar dari Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) hingga Jenis BBM Tertentu (JBT) atau BBM bersubsidi.  

"Sesuai arahan pak Erick dan Menteri ESDM bahwa bagaimana kita bisa melihat harga BBM itu kan tergantung selama harga minyak dunia, khusus nya jenis BBM yang tidak termasuk dalam jenis BBM Khusus atau JBKP atau pun JBT," tutur Pahala. 

Baca juga: Berapa BBM Shell Rabu Ini? Cek Update Harga Shell Super, Shell V-Power, Shell V-Power Diesel Murah


Namun, Pahala belum menyampaikan kapan rencana itu akan dilakukan.

Menurutnya, jika hal itu dilakukan, masyarakat harus siap dengan harga BBM yang cepat berubah mengikuti harga minyak dunia yang fluktuatif. Termasuk saat harga minyak naik dan menyebabkan harga BBM naik. 

"Misalnya penyesuaiannya ke atas, saat ini bisa penyesuaian ke bawah. Tapi nantinya ke atas lagi ya itu bagian dari konsekuensi ini, sosialisasi ini," ujar Pahala. 

Sebelumnya, Erick Thohir menyampaikan harga BBM non subsidi masih berpeluang naik.

Namun, Erick Thohir mengungkapkan ketetapan Pertamax atau BBM nonsubsidi lainnya akan mengikuti pergerakan harga minyak mentah dunia. Hal ini disampaikan Menteri BUMN tersebut dalam siaran pers, Senin (9/1/2023).

Baca juga: Berapa BBM Shell Rabu Ini? Cek Update Harga Shell Super, Shell V-Power, Shell V-Power Diesel Murah


“Kemarin, karena minyak dunia harganya turun, BBM yang sesuai dengan harga pasar seperti Pertamax kita turunkan." ucap Erick. 

"Namun, kita juga harus waspada karena bukan tidak mungkin harga Pertamax bisa naik lagi, minggu depan atau bulan depan,” sebutnya. (Kompas TV)

Sumber: Kompas TV
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved