Breaking News:

2000 Warga Kabupaten Cirebon Beralih ke KTP Digital, Disdukcapil Gencarkan Sosialisasi

Sebanyak 2000-an warga Kabupaten Cirebon telah beralih dari Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik ke KTP Digital

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: dedy herdiana
DOK. DISKOMINFO KABUPATEN CIREBON
Petugas Disdukcapil Kabupaten Cirebon saat mengaktivasi KTP digital dalam Sosialisasi Penggunaan Identitas Digital di Ruang Paseban Kantor Bupati Cirebon, Jalan Sunan Kalijaga, Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon, Senin (16/01/2023). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Sebanyak 2000-an warga Kabupaten Cirebon telah beralih dari Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik ke KTP Digital.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Disdukcapil) Kabupaten Cirebon, Iman Supriadi, mengatakan, jumlah tersebut bersasarkan pendataan aktivasi KTP Digital.

Baca juga: KTP Digital Resmi Diterapkan di Kota Cirebon Mulai Hari Ini

Menurut dia, penggunaan KTP Digital melalui aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang diluncurkan Kemendagri itu dimulai sejak November 2022.

"Hingga pertengahan bulan ini, tercatat 2000-an warga yang telah mempunyai KTP digital," ujar Iman Supriadi saat ditemui usai Sosialisasi Penggunaan Identitas Digital di Ruang Paseban Kantor Bupati Cirebon, Jalan Sunan Kalijaga, Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon, Senin (16/01/2023).

Saat ini, pihaknya terus menggencarkan sosialisasi penggunaan KTP digital ke seluruh elemen masyarakat Kabupaten Cirebon agar semakin banyak yang menggunakannya.

Ia mengatakan, penggunaan KTP Digital tersebut dapat menjadi salah satu solusi untuk mengantisipasi kelangkaan blangko KTP elektronik di Kabupaten Cirebon.

Pasalnya, KTP digital tidak perlu dicetak dan dapat diakses kapan saja serta di mana saja melalui aplikasi IKD yang terinstal di ponsel berbasis android milik masyarakat.

"Penggunaan KTP digital diutamakan kepada warga yang sudah mengikuti perekaman KTP elektronik, tapi ada perubahan data atau KTP-nya rusak," kata Iman Supriadi.

Karenanya, masyarakat cukup mengunduh aplikasi IKD di ponselnya dan memasukkan data terbarunya kemudian melakukan aktivasi serta tidak perlu mencetak ulang KTP fisiknya.

Iman menyampaikan, KTP elektronik tetap dipegang pemiliknya meski telah bermigrasi ke KTP digital yang lebih praktis, karena dapat diakses setiap saat melalui ponsel.

"Di aplikasi IKD juga terdapat akte kelahiran dan kartu keluarga, bahkan terintegrasi dengan sertifikat vaksin, NPWP, BPJS, Kartu Pemilih, serta kartu ASN," ujar Iman Supriadi.

 

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved