Breaking News:

Ini Nasihat Sesepuh Situ Gede Kota Tasikmalaya Bagi Wisatawan yang Berkunjung

Obyek wisata Situ Gede, Kota Tasikmalaya, kini disulap jadi lebih asri dan indah melalui sentuhan tangan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

Editor: dedy herdiana
tribun jabar/firman suryaman
Gostik, salah seorang sesepuh obyek wisata Situ Gede, Kota Tadikmalaya. (tribun jabar/firman suryaman) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNCIREBON.COM, TASIKMALAYA - Obyek wisata Situ Gede, Kota Tasikmalaya, kini disulap jadi lebih asri dan indah melalui sentuhan tangan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

Kawasan sisi timur situ yang dulu berupa deretan saung kuliner yang kumuh serta jalan inspeksi irigasi, kini bikin pangling.

Di kawasan tersebut kini berdiri deretan bangunan tinggi tempat lesehan dan berteduh, ada pula pedestrian diselingi pepohonan yang rindang serta pagar dan lampu hias di tepi danau.

Di balik keindahan Situ Gede ini, sesepuh warga sekitar memberikan petuah bagi para pengunjung agar mereka bisa berwisata dengan nyaman.

"Kami sebagai sesepuh di sini, hanya meminta pengunjung jangan berkata dan bertingkah tinggi hati," kata Gostik, salah seorang sesepuh Situ Gede, saat berbincang santai dengan //tribunjabar.id//, Sabtu (14/01/23).

Menurut Gostik, setiap daerah memiliki aturan masing-masing yang semestinya dipatuhi pengunjung.

Ia memberi contoh, ada seorang wisatawan bersikap //sompral// (tinggi hati) saat akan naik rakit. Sesampainya di tengah, entah kenapa ia tenggelam ke dasar danau.

"Hidup mati seseorang sudah ditakdirkan Yang Maha Kuasa. Namun tak ada salahnya manusia tetap ikhtiar menjaga keselamatan dirinya," kata Gostik.

Termasuk berupaya menjaga sikap saat berkunjung ke obyek wisata Situ Gede. "Nikmati saja segala yang ada di Situ Gede, tanpa harus bersikap tinggi hati," ujar Gostik.  (firman suryaman)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved