Breaking News:

Kriminalitas

Modus Komplotan Maling Rumah Kosong di Cirebon, Awasi dan Mengontrak di Sekitar Target

Petugas Polres Cirebon Kota menangkap komplotan maling spesialis di rumah kosong yang berinisial JH (54), BD (50), DS (48), dan JS (29).

Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar (kedua kanan), beserta jajarannya saat menunjukkan sejumlah barang bukti dalam konferensi pers di Mapolres Cirebon Kota, Jalan Veteran, Kota Cirebon, Rabu (4/1/2023). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi


TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Petugas Polres Cirebon Kota menangkap komplotan maling spesialis di rumah kosong yang berinisial JH (54), BD (50), DS (48), dan JS (29).


Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar, mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara diketahui modus para tersangka ialah saling berbagi peran saat beraksi.


Menurut dia, tersangka berinisial DS dan JS bertugas mengawasi kondisi sekitar, sedangkan JH serta BD merupakan eksekutor yang mencuri barang-barang berharga dari rumah korban.


"Mereka menyambangi targetnya berboncengan mengendarai dua sepeda motor sambil membawa berbagai peralatan," kata M Fahri Siregar saat konferensi pers di Mapolres Cirebon Kota, Jalan Veteran, Kota Cirebon, Rabu (4/1/2023).

Baca juga: Polisi Cirebon Ringkus Komplotan Maling Spesialis di Rumah Kosong, Pelaku Bawa Senjata Api Rakitan


Dari mulai kunci L, linggis, obeng, kawat, dan lainnya yang digunakan untuk merusak kunci gerbang maupun pintu rumah korbannya, serta senjata api rakitan yang dibawa JH.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar (kedua kanan), beserta jajarannya saat menunjukkan sejumlah barang bukti dalam konferensi pers di Mapolres Cirebon Kota, Jalan Veteran, Kota Cirebon, Rabu (4/1/2023).
Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar (kedua kanan), beserta jajarannya saat menunjukkan sejumlah barang bukti dalam konferensi pers di Mapolres Cirebon Kota, Jalan Veteran, Kota Cirebon, Rabu (4/1/2023). (Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi)


Ia mengatakan, seluruh benda-benda tersebut telah diamankan sebagai barang bukti termasuk laptop, tas, aksesoris wanita, dan uang tunai Rp 10 juta yang digondol dari rumah korban.


Bahkan, keempat tersangka itu pun mengakui telah mengawasi keadaan sekitar rumah dan mengamati gerak-gerik korban untuk mencari waktu yang tepat sebelum beraksi.


"Dalam aksi di rumah korban yang berada di Jalan Simaja Utara, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, mereka telah mengontrak di dekatnya selama kira-kira 1,5 bulan," ujar M Fahri Siregar.

Baca juga: Cara Licik Komplotan Maling Spesialis Mobil yang Beraksi di Cirebon dan Brebes untuk Hilangkan Jejak


Fahri menyampaikan, pada aksi pencurian yang dilakukan pada Minggu (1/1/2023) tersebut, keempat tersangka berhasil membawa kabur laptop, uang tunai Rp 10 juta, dan lainnya.


Saat itu, mereka masuk ke rumah korban yang ditinggalkan pemiliknya, dan berpura-pura bertamu sambil mengetuk pagar untuk memastikan tidak ada orang di dalamnya.


Para tersangka berhasil masuk setelah merusak gembok pagar dan kunci pintu depan, kemudian langsung kabur setelah mencuri barang-barang berharga dari rumah korban.


"Kami bertindak cepat setelah menerima laporan korban dan berhasil meringkus keempat tersangka tidak jauh dari lokasi kejadian, tepatnya di Jalan Kesambi, Kota Cirebon," kata M Fahri Siregar.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved