Breaking News:

Wisata Kuningan

Ratusan Pendaki Berdatangan ke Gunung Ciremai Jelang Malam Tahun Baru, Naik via Palutungan Kuningan

Ada sekitar 200 pendaki yang sudah mendaftar secara online untuk naik Gunung Ciremai via Palutungan.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: taufik ismail
Tribun Cirebon/Ahmad Ripai
Para pendaki bersiap menaiki Gunung Ciremai, Sabtu (31/12/2022). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Menjelang malam tahun baru 2023 di Kabupaten Kuningan, sejumlah pendaki mendatangi Gunung Ciremai.

Mereka datang dari berbagai daerah di Indonesia.

"Untuk akhir tahun sekarang, kuota pendakian di jalur Palutungan menuju puncak Gunung Ciremai itu ada sebanyak 500 orang. Namun, hingga tadi atau sekitar pukul 10. 00 WIB itu baru ada 123 dari sebanyak 200 orang pendaki yang telah daftar secara online," kata Baron alias Sandi yang juga Petugas Pengelola Pendakian Gunung Ciremai jalur Palutungan, Sabtu (31/12/2022).

Mengenai jumlah pendaki tersebut, Sandi menyebut, pendaki tahun sekarang mengalami penambahan dari tahun sebelumnya, yang masih dalam masa pandemi Covid-19.

"Untuk jumlah dari tahun sebelumnya di masa Pandemi Covid19, peserta pendakian Gunung Ciremai cukup banyak juga," katanya.

Di pos pemeriksaan dan registrasi pendakian di Kampung Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, kata Sandi, semua peserta pendakian yang telah daftar melalui online itu wajib registrasi dan verifikasi.

"Ya, untuk semua peserta pendakian itu wajib verifikasi dan registrasi. Sebab, semua para pendaki itu wajib daftar melalui online dengan biaya tetap Rp 75 ribu," katanya.

Menyinggung soal jumlah pendaki Gunung Ciremai, Sandi mengungkap bahwa tahun akhir 2022 itu mayoritas peserta pendakian dari kota-kota besar.

"Untuk peserta pendaki itu didominasi dari warga Jabodetabek. Kemudian, dari total biaya Rp 75 ribu tadi, itu di antaranya mendapat pelayanan asuransi, pemeriksaan kesehatan dan mendapat paket nasi saat kembali dari puncak gunung," kata Sandi seraya menambahkan, para pendaki Gunung Ciremai itu wajib membawa sampah saat pulang nanti.

Baca juga: Keren! Meski Berusia 74 Tahun, Nenek Asal Bogor Ini Naik Gunung Ciremai via Apuy Majalengka

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved