Breaking News:

Piala AFF 2022

Prediksi Indonesia vs Thailand, Pengamat Sebut Garuda Punya Modal Bagus, Bisa Kalahkan Gajah Putih

Indonesia punya kesempatan besar untuk bisa mengalahkan Thailand besok sore..

Editor: taufik ismail
tribun
Indonesia vs Thailand. Ini kata pengamat. 

Laporan Wartawan Tribunjabar.id, Adi Ramadhan Pratama

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Timnas Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (29/12/2022).

Tim Garuda maupun Tim Gajah Putih sama-sama memperoleh 6 poin dari dua pertandingan sebelumnya di Piala AFF 2022.

Oleh karena itu, pertandingan Indonesia vs Thailand ini akan menjadi laga panas untuk memperebutkan puncak klasemen di grup A.

Menanggapi laga panas tersebut, pengamat sepak bola nasional, Dani Wihara mengatakan Timnas Indonesia mempunyai modal besar.

Menurut Dani, kemenangan saat melawan Brunei Darussalam 7-0 akan menjadi salah satu senjata ampuh untuk menaklukkan Timnas Thailand besok.

"Timnas Indonesia mempunyai modal keberanian yang besar untuk menatap lawannya Thailand. Dengan modal kemenangan kemarin, pemain mempunyai rasa percaya diri yang tinggi untuk bisa memberikan hasil yang terbaik."

"Memang Thailand merupakan lawan yang tangguh, tapi bukan berarti tidak bisa dikalahkan atau diredam," ujar Dani Wihara kepada Tribunjabar.id, Rabu (28/12/2022).

Dani menjelaskan, pelatih Shin Tae-yong kemungkinan akan menggunakan strategi yang sama seperti melawan Brunei saat berhadapan dengan Thailand nanti.

Strategi tersebut antara lain seperti lebih melebar ke sayap dan pemain sayap lebih mendominasi serangan.

"Kalau dilihat dari gaya permainan sebelumnya, kenapa tidak dipertahankan pada pertandingan nanti. Jadi artinya, apa yang positif dan apa yang menjadi keunggulan Timnas, kenapa tidak dipertajam lagi di pertandingan besok."

"Di tambah lagi, Timnas Indonesia memiliki jeda rehat pertandingan yang singkat, yaitu hanya dua hari. Jadi daripada menggunakan skema baru lagi dan ternyata mentah, buat apa. Kecuali, Shin Tae-yong menemukan satu atau dua pemain yang cocok dengan gaya taktiknya," jelasnya.

Meskipun menggunakan strategi yang sama, Dani menekankan akurasi umpan harus benar-benar diterapkan pada pertandingan besok.

"Akurasi dan kontrol gimnya harus lebih diperhatikan lagi. Jadi jangan sampai pemain Timnas nanti asal umpan saja, baru lewat dua atau tiga pemain langsung umpan seenaknya. Tapi akurasi tembakan umpan yang harus lebih bagus. Jadi inti persoalan adalah apakah bisa sepak bola yang rumit ini, bisa disederhanakan oleh para pemain."

"Seperti kemarin, umpan-umpan yang bagus sebenarnya bisa disederhanakan lagi menjadi gol. Jadi saya pikir, bukan dilihat dari jumlah golnya, tapi bagaimana mereka bisa membuat penetrasi serangan yang bagus dan menjadi gol. Karena itu yang Timnas perlukan saat melawan Thailand nanti. Jadi Timnas tidak perlu lagi jumlah gol, tapi lebih bagaimana Timnas bisa mengungguli Thailand besok," ujarnya. 

Baca juga: Jadwal Timnas Indonesia vs Thailand Juara Bertahan Piala AFF, Garuda Pernah Kalah Agregat 2-6

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persib
    20
    13
    3
    4
    35
    25
    8
    42
    2
    Persija Jakarta
    21
    12
    5
    4
    28
    11
    11
    41
    3
    PSM Makasar
    21
    11
    8
    2
    38
    8
    21
    41
    4
    Madura United
    22
    11
    4
    7
    27
    14
    6
    37
    5
    Borneo
    20
    10
    6
    4
    36
    18
    16
    36
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved