Breaking News:

Pejabat Desa Payung Majalengka: Jangan Minum Air Hangat dari Sungai Cingenge Kaki Gunung Ciremai 

Payung, Kecamatan Rajagaluh, Majalengka mengimbau kepada masyarakat agar tak mengkonsumsi sumber air hangat di Sungai Cingenge kaki Gunung Ciremai

Penulis: Eki Yulianto | Editor: dedy herdiana
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Sutari, selaku Kepala Tata Usaha dan Urusan Umum Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka mengimbau kepada masyarakat agar tak mengkonsumsi sumber air hangat yang ditemukan di aliran Sungai Cingenge kaki Gunung Ciremai.

Sutari, selaku Kepala Tata Usaha dan Urusan Umum Desa Payung menyebut, air tersebut harus melewati masa uji laboratorium terlebih dahulu.

Meski sumber air itu alami karena dari pegunungan, menurutnya, akan lebih baik jika warga untuk sementara tak coba-coba meminum air tersebut.

"Untuk sekarang ini dari pemerintah desa mengimbau agar warga untuk sementara sebelum adanya uji laboratorium, bahwa jangan mengkonsumsi air yang langsung keluar dari gelombang lubang sumber air hangat tersebut," ujar Sutari yang meninjau langsung sumber air hangat di Blok Rebo, desa setempat, Jumat (16/12/2022).

Pemdes sendiri, kata dia, mendapatkan laporan dari masyarakat terkait penemuan sumber air hangat pada hari kemarin.

Musladi (47), warga Blok Rebo, Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka saat menunjukkan sumber air hangat di aliran Sungai Cingenge di kaki gunung Ciremai,
Musladi (47), warga Blok Rebo, Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka saat menunjukkan sumber air hangat di aliran Sungai Cingenge di kaki gunung Ciremai, (Tribuncirebon.com/Eki Yulianto)

Baca juga: Geger! Warga di Majalengka Temukan Sumber Air Hangat di Aliran Sungai Cingenge Kaki Gunung Ciremai

Namun menurut warga, telah menemukan sumber air hangat sejak dua Minggu lalu.

"Ya benar, bahwa di Blok Rebo telah ditemukan sumber air hangat oleh bapak Musladi sejumlah dua titik di aliran sungai Cingenge."

"Kami mendapatkan laporan bahwa dua Minggu ke belakang temuan itu terjadi dan jarak dari pemukiman warga sekitar 2 kilometer," ucapnya.

Ia juga menduga, bahwa fenomena itu kemungkinan berasal dari gunung Ciremai.

Pasalnya, dari titik puncak ke lokasi air hanya berjarak 16 kilometer.

Sedangkan, ke pemukiman warga hanya berkisar 2 kilometer saja.

"Itu kemungkinan dari gunung Ciremai, meski jarak dari titik ini ke puncak sekitar 16 kilometer, karena kita mengambilnya dari basecamp pendakian ke puncak saja 10 kilometer."

" Desa Payung memang berada di kaki gunung Ciremai," jelas dia.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved