Breaking News:

DPRD Kota Cirebon Siap Berkolaborasi dengan UGJ

DPRD Kota Cirebon siap berkolaborasi dengan Universitas Gunung Jati (UGJ).

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: taufik ismail
ISTIMEWA DOK. HUMAS DPRD KOTA CIREBON
Komisi I DPRD Kota Cirebon saat rapat kerja bersama UGJ Cirebon di Griya Sawala DPRD Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Jumat (9/12/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - DPRD Kota Cirebon siap bekerja sama dengan Universitas Gunung Jati ( UGJ) Cirebon dalam hal Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui Memorandum of Agreement (MoA).

Ketua Komisi I DRPD Kota Cirebon, Dani Mardani mengatakan, keberadaan universitas di Kota Cirebon dinilai perlu dilibatkan dalam pembangunan daerah.

Karenanya, menurut dia, UGJ Cirebon perlu dilibatkan untuk mendukung kerja-kerja pemerintahan, salah satunya lembaga DPRD.

"Ke depannya, DPRD akan berkolaborasi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat," kata Dani Mardani saat ditemui usai rapat kerja bersama UGJ Cirebon di Griya Sawala, DPRD Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Jumat (9/12/2022).

Ia mengaku baru mengetahui selain membangun kerja sama mengikat dengan Pemkot Cirebon, UGJ sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah perangkat daerah melalui MoA.

Rencananya, program kerja sama DPRD Kota Cirebon dengan UGJ meliputi kajian-kajian yang bisa mendukung kinerja DPRD, kegiatan penelitian yang mendukung pembangunan Kota Cirebon.

Bahkan, termasuk agenda bimbingan teknis (bimtek) anggota DPRD Kota Cirebon yang selama ini dikerjakan universitas di luar Cirebon.

"Besok-besok bimtek bisa melibatkan UGJ atau kampus-kampus lain yang ada di Cirebon, bukan universitas dari luar Cirebon lagi," ujar Dani Mardani.

Sementara Plh Wakil Rektor IV UGJ Cirebon, Cita Dwi Rosita, menyambut baik rencana DPRD Kota Cirebon membangun kerja sama dalam implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Ia mengatakan, banyak program yang bisa dikerjasamakan ke depannya, tetapi perlu disusun MoA antara UGJ dengan DPRD Kota Cirebon sebagai payung hukumnya.

Pihaknya menjelaskan, rencana kerja sama dengan DPRD Kota Cirebon meliputi pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat.

Diharapkan, rencana kerja sama semacam ini membuat UGJ dapat kontribusi lebih mengisi pembangunan di Kota Cirebon.

Pasalnya, selama ini rencana kerja sama antara kampus dengan pemerintahan hanya dijalin berdasarkan usulan kebutuhan.

"Untuk selanjutnya, kami menunggu surat dari DPRD Kota Cirebon mengenai usulan kerja sama dengan UGJ seperti apa," kata Cita Dwi Rosita.

Baca juga: Komisi I DPRD Kota Cirebon Soroti Program Prioritas DPKP 2023

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved