Breaking News:

Pemkot Cirebon Petakan Peran dan Dukungan untuk Pemilu 2024

Menjelang Pemilu 2024, Pemerintah Kota Cirebon memetakan peran dan dukungan yang bisa diberikan.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: taufik ismail
Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi (kiri), saat menyampaikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Dukungan dan Fasilitasi Pemkot Cirebon dalam Pemilu 2024 di KPU Kota Cirebon, Jalan Wahidin, Kota Cirebon, Rabu (7/12/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon memetakan peran dan dukungan pemerintah daerah pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi, mengatakan, saat ini peranan dan dukungan dari pemda pada Pemilu 2024 telah dipetakan.

Menurut dia, peran dan dukungan yang akam dilakukan Pemkot Cirebon pada pesta demokrasi itu sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Dari mulai penyusunan data kependudukan, misalnya, menyiapkan data kependudukan DAK2 dan DP4," kata Agus Mulyadi saat ditemui usai Rapat Koordinasi Dukungan dan Fasilitasi Pemkot Cirebon dalam Pemilu 2024 di KPU Kota Cirebon, Jalan Wahidin, Kota Cirebon, Rabu (7/12/2022).

Selain itu, memberikan hak akses secara penuh ke KPU dan melakukan jemput bola perekaman KTP elektronik, khususnya bagi kalangan pemilih pemula.

Ia mengatakan, dukungan lainnya ialah memberikan perlindungan hukum dan keamanan serta tidak melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan saat kampanye.

"Ada pula bantuan distribusi logistik, pemantauan pelaksanaan untuk menjamin kelancaran pelaksanaan pemilu," ujar Agus Mulyadi.

Pihaknya juga memastikan netralitas ASN/PNS dalam Pemilu sesuai dengan Pasal 87 UU Nomor 5 Tahun 2014 sebagai bentuk dukungan pemda.

Sementara bentuk bantuan dan fasilitasi Pemkot Cirebon sesuai Pasal 434 Ayat (2) UU Nomor 7 Tahun 2017 meliputi beberapa aspek.

Di antaranya, penugasan personel pada sekretariat PPK, panwaslu kecamatan dan PPS termasuk penyediaan sarana ruangan sekretariatnya

"Bantuan dan dukungan lainnya meliputi sosialisasi, pendidikan politik, kelancaran transportasi pengiriman logistik dan kegiatan lainnya sesuai kebutuhan," kata Agus Mulyadi.

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, Bupati Acep Purnama Minta Warga Kuningan Antisipasi Hoax dan Melakukan Hal Ini

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved