Breaking News:

Gempa Kembali Mengguncang

Suara Dentuman Saat Gempa Bumi Susulan M3,0 Kejutkan Warga Cilembang Tasikmalaya

Suara dentuman terdengar bergemuruh saat terjadinya gempa bumi susulan berkekuatan magnitudo 3,0 yang kembali guncang Tasikmalaya

Shutterstock
Ilustrasi gempa 

TRIBUNCIREBON.COM, KABUPATEN TASIKMALAYA - Suara dentuman terdengar bergemuruh saat terjadinya gempa bumi susulan berkekuatan magnitudo 3,0 yang kembali guncang Tasikmalaya pada pukul 09.57 WIB, Minggu (4/12/2022).


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) laporkan terjadinya gempa bumi susulan tersebut.

Pusat gempa kali ini diketahui hanya berjarak 7 kilometer dari arah tenggara Kota Tasikmalaya dengan kedalaman yang cukup dangkal, yakni 10 kilometer.

Rina (23) warga Jalan Cempakawarna, Kelurahan Cilembang, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat mendengar suara dentuman yang bergemuruh saat gempa bumi susulan itu terjadi.


“Berdentum dan bergemuruh begitu. Kedengarannya berasal dari bawah tanah. Orang-orang sini juga pada dengar suara (dentuman) itu,” ungkap Rina kepada TribunPriangan.com.

Baca juga: Baca Doa Ini Saat Gempa Bumi Terjadi, Lakukan Juga Tips Ketika Terjadi Bencana


Tambahnya, hal tersebut membuat beberapa warga lainnya panik dan melarikan diri ke luar ruangan.


Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui asal suara dentuman yang bergemuruh tersebut. (*)

Diberitakan, warga Kota Tasikmalaya kembali dikejutkan dengan guncangan gempa, Minggu (4/12) sekitar pukul 09.57 WIB.


Guncangan gempat terjadi sesaat namun kata warga sangat terasa. Mereka ke luar rumah, karena takut gempa susulan yang lebih besar.

"Saya sedang menunggu mobil dicuci. Tiba-tiba atap hangar tempat pencucian mobil berbunyi-bunyi berbarengan dengan guncangan yang cukup kuat walau singkat," kata Asep (50), warga Jalan Tanjung, Kecamatan Kawalu.

Baca juga: BMKG Ungkap Penyebab Gempa M2,9 dan M2,8 yang Guncang Tasikmalaya Minggu Pagi


Gempa ketiga kalinya ini, menurut data BMKG masih berpusat di Kota Tasikmalaya dengan magnitudo lebih kuat dari sebelumnya yakni Magnitudo 3.0. Sebelumnya 2.8 dan 2.9.


Lokasi gempa masih di lokasi hampir sama dengan dua gempa sebelumnya yaitu 7.35 LS dan 108.25 BT atau 7 km tenggara Kota Tasikmalaya. (firman suryaman)

Diberitakan, Kepala Pelaksana BPBD Kota Tadikmalaya, Ucu Anwar, menyebut baru kali ini ada gempa bumi berepisenter di wilayah Kota Tasikmalaya.


Sesuai data BMKG, gempa bumi yang terjadi Minggu (4/12) bermagnitudo 2,9 terjadi pukul 04:34:49  berlokasi di 7.39 LS dan 108.23 BT atau 9 km tenggara Kota Tasikmalaya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved