Breaking News:

Gempa Kembali Mengguncang

BMKG Ungkap Penyebab Gempa M2,9 dan M2,8 yang Guncang Tasikmalaya Minggu Pagi

Dua gempa bumi tektonik dirasakan di Tasikmalaya, Minggu (4/12/2022) pukul 04:34:49 WIB dan 04:39:54 WIB.

shutterstock
Ilustrasi Gempa 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Dua gempa bumi tektonik dirasakan di Tasikmalaya, Minggu (4/12/2022) pukul 04:34:49 WIB dan 04:39:54 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi pertama dengan magnitudo M=2,9 terletak di darat pada jarak 9 km Tenggara Kota Tasikmalaya pada kedalaman 10 km.

Sedangkan, gempa bumi kedua dengan magnitudo M2.8 terletak di darat pada jarak 8 km Tenggara Kota Tasikmalaya pada kedalaman 10 km

Kepala B BMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto, mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas aktivitas sesar lokal di wilayah setempat.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan  di wilayah Tasikmalaya dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). 

Baca juga: BREAKING NEWS: Tasikmalaya Diguncang Dua Kali Gempa Pagi Ini, Jendela Sampai Bergetar


"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. Hingga pukul 07:18 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan," katanya dalam siaran tertulisnya.

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Diberitakan, Kepala Pelaksana BPBD Kota Tadikmalaya, Ucu Anwar, menyebut baru kali ini ada gempa bumi berepisenter di wilayah Kota Tasikmalaya.


Sesuai data BMKG, gempa bumi yang terjadi Minggu (4/12) bermagnitudo 2,9 terjadi pukul 04:34:49  berlokasi di 7.39 LS dan 108.23 BT atau 9 km tenggara Kota Tasikmalaya.


"Menurut data gempa bumi yang selama ini dirasakan di Kota Tasikmalaya, baru kali ini berpusat di wilayah Kota Tasikmalaya," kata Ucu.

 

Biasanya, gempa yang dirasakan di wilayah kota berpusat di kedalaman laut Kabupaten Tasikmalaya, Garut dan Pangandaran.


Namun begitu, lanjutnya, hal tersebut bukan merupakan hal mengejutkan mengingat wilayah Kota Tasikmalaya sendiri masuk wilayah rawan gempa.


"Bahkan gempa yang terjadi barusan seusai dengan KRB (kajian resiko bencana, Red) yakni kemungkinan terjadi di wilayah Kecamatan Purbaratu," ujar Ucu.

Baca juga: Gempa Berkekuatan M 6,4 Guncang Kabupaten Garut Sore Tadi, Begini Komentar Warganet


Prediksi KRB tergolong tepat karena sesuai data BMKG lokasi gempa berepisenter di 9 km tenggara Kota Tasikmalaya.


"Itu adalah wilayah Kecamatan Purbaratu yang dulunya masuk wilayah Kecamatan Cibeureum sebelum dimekarkan," kata Ucu.


Pj Wali Kota Tadikmalaya, Cheka Virgowansyah, meminta warga kota mewaspadai bencana gempa bumi.


"Kami mengimbau warga selalu waspada terhadap bencana gempa bumi ini. Tinggalkan rumah jika guncangan terasa kuat," kata Cheka seusai meninjau rumah nenek Asih (70) yang rusak akibat gempa yang terjadi Sabtu (3/12) sore. (Tribun Jabar/Syarif/Firman suryaman)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved