Breaking News:

Pipa Pembangkit Listrik PLTMH di Bungbulang Garut Jebol, Kapolsek Jelaskan Penyebabnya

Pipa air Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) di Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat Jebol.

Editor: dedy herdiana
Dok. Kantor Kecamatan Bungbulang
Pipa air Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) di Kampung Rancateureup, Desa Bungbulang, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat jebol, Senin (28/11/2022) diduga diakibatkan oleh pergerakan tanah. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id  Garut, Sidqi Al Ghifari

TRIBUNCIREBON.COM, GARUT - Pipa air Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro ( PLTMH) di Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat Jebol.

Video detik-detik jebolnya pipa yang melintas di Kampung Rancateureup, Desa Bungbulang, Kecamatan Bungbulang  itu sempat beredar di aplikasi perpesanan WhatsApp.

Tangkapan layar video pipa air di PLTMH yang ada di Bungbulang, Garut, jebol. Air yang keluar seperti air terjun raksasa.
Tangkapan layar video pipa air di PLTMH yang ada di Bungbulang, Garut, jebol. Air yang keluar seperti air terjun raksasa. (Tangkapan Layar Video Warga)

Baca juga: Warga Bungbulang Garut Ketakutan, Pipa Air PLTMH Jebol, Air Menyembur Seperti Air Terjun Raksasa

Kapolsek Bungbulang, Iptu Usep mengatakan kejadian jebolnya pipa PLTM milik PT Tirta Gemah Ripah (GTR) itu terjadi pada Senin (28/11/2022) siang.

"Kejadiannya kemarin Senin siang sekira pukul 14.00 WIB, itu diduga akibat pergerakan tanah di kawasan tersebut yang labil," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima Tribunjabar.id, Selasa (29/11/2022).

Adanya pergerakan tanah menurutnya membuat pipa tersebut tiba-tiba bengkok lalu jebol menyemburkan air lebih dari setinggi 10 meter.

Kerusakan di power house PLTMH yang ada di Bungbulang, Garut.
Kerusakan di power house PLTMH yang ada di Bungbulang, Garut. (Kompas.com/Istimewa/Dok Camat Bungbulang)

Pipa yang jebol tersebut diketahui  merupakan sambungan antar satu pipa dengan pipa yang lainnya.

Iptu Usep menjelaskan, semburan air tersebut tidak berdampak pada pemukiman warga, melainkan hanya merusak satu bangunan milik perusahaan.

"Bangunan yang rusak adalah Powerhouse yang ukurannya sekitar 14/30 meter. Kondisi bangunan atapnya rusak karena tertimpa air yang naik lalu jatuh," ungkapnya.

Dari video yang beredar, kawasan bangunan tersebut porak poranda akibat semburan air yang menjulang selama beberapa menit.

Kapolsek Iptu Usep menuturkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian yang sempat membuat panik warga Bungbulang tersebut.

"Sekarang kondisinya sudah normal kembali, saat kejadian petugas perusahaan langsung melakukan penutupan, alhamdulillah tidak ada korban jiwa," ujarnya.

Baca berita Tribuncirebon.com lainnya di GoogleNews

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved