Breaking News:

Tragedi Arema vs Persebaya

Tragedi Arema vs Persebaya di Kanjuruhan Bikin Klub-klub Besar hingga Para Pemain Dunia Ikut Berduka

Tragedi kerusuhan Arema vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan menyita perhatian dunia. Klub-klub besar dunia hingga tokoh sepakbola dunia ikut berduka

Editor: dedy herdiana
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ilustrasi - Sejumlah pencinta sepak bola menggelar aksi tabur bunga dan 1.000 lilin atas tragedi kematian sejumlah suporter, di depan Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (2/10/2022) malam. Aksi tersebut digelar sebagai bentuk solidaritas atas kematian ratusan suporter pascapertandingan sepak bola Liga 1 antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, pada Sabtu (1/10/2022) malam. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNCIREBON.COM - Tragedi kerusuhan Arema vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan yang menewaskan lebih dari seratus orang menyita perhatian dunia. Klub-klub besar dunia hingga para pemain dan tokoh sepakbola dunia pun turut berduka cita.

Seperti tim-tim Premier League menyampaikan duka cita atas tragedi Kanjuruhan yang terjadi setelah laga Arema vs Persebaya, Sabtu (1/10/2022) malam WIB.

Pertandingan Arema vs Persebaya yang termasuk pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 itu berakhir dengan skor 2-3.

Baca juga: Update Nama Korban Meninggal Akibat Kerusuhan Arema vs Persebaya Hingga Minggu Siang

Hasil itu membuat penggemar Arema tak puas akan kekalahan timnya. Kompas.id melaporkan bahwa 3.000 penonton turun ke lapangan.

Aksi tersebut membuat bentrokan dengan pihak keamanan pun tak terhindarkan. Polisi menembakkan gas air mata untuk mengendalikan massa.

Gas air mata memicu kepanikan di tribune yang membuat para penggemar berlari ke satu pintu keluar dan ada penumpukan di sana.

Desak-desakan terjadi dan timbul korban jiwa.

Laporan awal dari Polda Jawa Timur menyebut ada 127 nyawa yang melayang karena tragedi di Kanjuruhan. Korban meninggal lantas sempat diberitakan bertambah menjadi 129, seturut keterangan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Namun, laporan terbaru dari Dinas Kesehatan setempat menyebutkan bahwa korban jiwa berjumlah 125 orang. Jumlah korban jiwa itu didapat setelah dilakukan penghitungan ulang.

Baca juga: Detik-detik Briptu Andik Purwanto Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan, Ternyata Dikeroyok Suporter

Tragedi Kanjuruhan ini menjadi perhatian dunia. Tim-tim Eropa menyampaikan dukacita atas meninggalnya ratusan orang akibat kerusuhan ini.

" Manchester United sangat berduka atas tragedi di Malang, Indonesia. Kami menyampaikan belasungkawa tulus kepada para korban, keluarga mereka, dan semua orang yang terkena dampak," tulis pernyataan Manchester United. Man United bukan satu-satunya tim Inggris yang turut berduka.

Man City, Chelsea, Liverpool, Tottenham Hotspur, Arsenal, hingga Newcastle United juga melakukan hal yang sama.

Bahkan, Premier League menyampaikan dukacita mendalam untuk semua pihak yang terkena dampak.

"Doa semua orang di Premier League bersama mereka yang terkena dampak peristiwa tragis di Stadion Kanjuruhan tadi malam," begitu bunyi pernyataan Premier League.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved