Breaking News:

Penutupan Penerimaan Panwascam Untuk Kebutuhan Pemilu 2024, Petugas Bawaslu Jelaskan Begini

Penerimaan dan pendaftaran kuota Panitia Pengawas Pemilu Tingkat Kecamatan se - Kuningan, selama sepekan yang digelar Kantor Bawaslu

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
Istimewa
Penerimaan dan pendaftaran kuota Panitia Pengawas Pemilu Tingkat Kecamatan se - Kuningan, selama sepekan yang digelar Kantor Bawaslu Kuningan resmi ditutup.  

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN  - Penerimaan dan pendaftaran kuota Panitia Pengawas Pemilu Tingkat Kecamatan se - Kuningan, selama sepekan yang digelar Kantor Bawaslu Kuningan resmi ditutup. 

Demikian hal itu dikatakan Koordinator SDMO Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kuningan, Ikhsan Bayanullah saat memberikan keterangan di tengah berlangsung Facebook Live TribunCirebon.com, Selasa (27/9/2022).

Dia menyebutkan Pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) hingga sekarang itu ada sebanyak 630 pendaftar dan jumlah ini mengalami peningkatan cukup signifikan dari tahun sebelumnya.

"Ya, untuk sekarang itu jumlah pendaftar panwascam per jam 2 siang ini, ada sebanyak 630. Ini akibat dari informasi tersebar, baik dari pemberitaan dan juga sebaran terus menerus di sosial media Bawaslu sendiri," katanya.

Baca juga: Hari Pertama Dibuka, 64 Orang Sudah Daftar Jadi Panwascam Majalengka

Dalam pelaksanaan kegiatan ini,  kata dia mengaku untuk beberapa kecamatan yang belum terpenuhi kuota 30 persen sebagai  keterwakilan perempuan, itu akan direncanakan akan terus dibuka pendaftaran hingga tanggal 8 Oktober 2022.

"Ada beberapa kecamatan yang belum terpenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan, (khusus) kecamatan ini akan diperpanjang hingga 8 Oktober mendatang.

Adapun usai penutupan penerimaan berkas pendaftaran hari ini akan melakukan penelitian kelengkapan pemberkasan hingga 30 September," ujarnya.

Sementara mengenai  jadwal pengumuman siapa yang diterima sebagai tenaga Panwascam di Bawaslu Kuningan, kata dia mengaku jika melihat ketentuan itu pada 25 Oktober mendatang.

"Itu dilakukan setelah semua berkas pendaftaran diterima panitia dan akan melakukan penelitian berkas administrasi hingga 11 Oktober. Kemudian, hasil penelitian berkas tersebut akan diumumkan pada tanggal 12 Oktober.

Selain itu, para pendaftar yang berkasnya lolos, akan mengikuti tahapan test tertulis (14-16/10). Hasil test tertulis ini akan diumumkan pada 17 Oktober," katanya.

Tidak hanya itu, kata dia mengemuka bahwa akan ada tes wawancara pada 18-22 Oktober dan pelaksanaan pleno penetapan calon anggota Panwascam pada tanggal 23-24 Oktober.

"Jadi, pada tanggal 25 Oktober akan diumumkan hasil tes wawancara. Dan, tanggal 26-28 Oktober akan digelar pelantikan dan pembekalan anggota Panwascam," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved