Breaking News:

Stok Vaksin Meningitis di KKP Kertajati Majalengka Kosong: Sejak Bulan Agustus 2022 Tak Buka Layanan

Stok vaksin meningitis di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Bandung wilker Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka kosong

Penulis: Eki Yulianto | Editor: dedy herdiana
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Bandung wilayah kerja BIJB Kertajati Majalengka 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA- Stok vaksin meningitis di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Bandung wilayah kerja Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka kosong. Kekosongan vaksin meningitis di KKP Majalengka sudah terjadi sejak bulan Agustus 2022 lalu.

Maka, sejak bulan Agustus lalu kantor tersebut sudah tidak membuka pelayanan untuk sementara waktu.

Hingga kini, KKP Bandung wilker BIJB Kertajati Majalengka masih menunggu distribusi vaksin dari Kantor Pusat atau Kementrian Kesehatan.

Baca juga: Stok Vaksin Meningitis di KKP Cirebon Kosong Sebulan Lebih, Sudah Lapor Tapi Masih Belum Dikirim

Dokter KKP Bandung wilker BIJB Kertajati Majalengka, Nanang Lioncu mengatakan, pihaknya terakhir memberikan pelayanan vaksin meningitis pada tanggal 23 Agustus 2022 lalu.

Untuk ketersediaan vaksin, selama ini pihaknya mengandalkan droping dari Pusat (Kementerian Kesehatan) dan sampai saat ini dinyatakan belum ada pengiriman kembali.

Disampaikan dia, bahwa selama ini banyak pemohon yang datang secara langsung ke Kertajati ada pula yang menghubungi melalui sambungan telpon.

Para pemohon ini berasal dari wilayah III Cirebon atau Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan serta Sumedang, Subang bahkan Karawang.

“Setiap hari selalu ada yang datang, kebanyakan di antaranya adalah pengurus travel haji dan umrah, ada pula yang datang secara pribadi sambil mereka mengurus paspor ke Cirebon."

"Padahal dari bulan Agustus 2022, kami sudah tidak membuka layanan vaksin meningitis karena kosongnya vaksin. Padahal jumlah pemohon sangat banyak lebih dari 300 selama beberapa pekan terakhir ini,” ujar Nanang kepada Tribun, Selasa (27/9/2022).

Baca juga: Soal Vaksin Meningitis Langka untuk Jemaah Umrah, Dinkes Majalengka: Kami Tak Wajib Sediakan

Menurutnya, belakangan ini pelayanan untuk KKP di wilayah Jawa Barat baru bisa di cover oleh Kantor Induk di Bandung.

Dengan alokasi vaksin hasil dari relokasi sisa vaksinasi haji dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dengan pelayanan yang sangat terbatas.

Serta sistem pendaftaran dilakukan secara online terlebih dahulu.

Nanang berharap, di Kertajati bisa secepatnya ada pelayanan untuk masyarakat khususnya untuk wilayah Majalengka atau Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved