Breaking News:

Komisi I DPRD Kota Cirebon Janji Cari Solusi untuk Merealisasikan Bantuan Wali Kota

para ketua RW, pengurus LPM, dan lurah, menginginkan bantuan Wali Kota Cirebon (bawal) kembali dianggarkan oleh pemerintah daerah.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Machmud Mubarok
FOTO ISTIMEWA/DOK. HUMAS DPRD KOTA CIREBON
Komisi I DPRD Kota Cirebon saat rapat kerja bersama camat, lurah, LPM dan para ketua RW Aula Pedati Gede Kantor Kecamatan Pekalipan, Jalan Kesambi Dalam, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, Selasa (27/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Komisi I DPRD Kota Cirebon menggelar rapat kerja bersama camat, lurah, LPM dan ketua RW se-Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, Selasa (27/9/2022).

Rapat kerja tersebut dilaksanakan di Aula Pedati Gede Kantor Kecamatan Pekalipan, Jalan Kesambi Dalam, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon.

Dalam rapat itu, para ketua RW, pengurus LPM, dan lurah, menginginkan bantuan Wali Kota Cirebon (bawal) kembali dianggarkan oleh pemerintah daerah.

Selain itu, mereka juga berharap, Pemkot Cirebon memprioritaskan hasil musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) di tingkat kecamatan untuk direalisasikan.

Baca juga: Rapat Kerja Komisi I DPRD Kota Cirebon Fasilitasi Aspirasi RW dan LPM, Tak Ingin Ada Refocusing Lagi

Mereka pun mengeluhkan kebijakan efisiensi anggaran yang mengakibatkan terbengkalainya program pembangunan dan pemberdayaan di tingkat kelurahan hingga RT serta RW.

Wakil Ketua Komisi I, Andrie Sulistio, mengatakan, seluruh keluhan yang disampaikan dalam rapat kerja yang diinisiasi Komisi I DPRD Kota Cirebon tersebut telah ditangkap.

Karenanya, pihaknya pun berjanji bakal mencarikan regulasi atau dasar hukum agar bawal atau program sejenis yang punya kesamaan esensi bisa segera direalisasikan.

"Kami dari DPRD akan berdiskusi dengan Pemprov Jabar dan Kemendagri terkait dasar hukum bawal untuk pengurus RW ini," ujar Andrie Sulistio saat ditemui usai rapat kerja.

Ia mengatakan, hasil rapat kerja kali ini juga bakal dibuat rekomendasi dan disampaikan ke pimpinan DPRD Kota Cirebon untuk ditembuskan ke Pemkot Cirebon.

Andrie memastikan, kegiatan kali ini bukan reses, melainkan rapat kerja bersama camat, lurah, LPM dan para ketua RW yang merupakan mitra kerja Komisi I DPRD Kota Cirebon.

Sementara Ketua Komisi I DPRD Kota Cirebon, Dani Mardani, menyampaikan, rapat kerja tersebut menghasilkan sedikitnya empat poin.

Di antaranya, mengevaluasi kebijakan pemerintah Kota Cirebon atas efisiensi anggaran agar tidak sampai menyasar ke anggaran musrenbang.

Selanjutnya Pemkot Cirebom dan DPRD Kota Cirebon akan mendalami regulasi serta materi program bawal melalui konsultasi ke Kemendagri maupun Pemprov Jabar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved