Breaking News:

Sosok

SOSOK Alfred Hartoyo Alphanto, Perwira Pertama Etnis Tionghoa Mengabdi Jadi Dokter Militer di TNI

Alfred yang kini bernama lengkap Letda Ckm dr Alfred Hartoyo Alphanto sebagai Pama di Puskesad ungkapkan latar belakangnya tertarik untuk masuk TNI

Penulis: dedy herdiana | Editor: dedy herdiana
YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa
Sosok Letda Ckm dr Alfred Hartoyo Alphanto dokter keturunan Tionghoa sebagai Pama di Puskesad mengungkapkan latar belakangnya tertarik masuk TNI. 

TRIBUNCIREBON.COM - Sosok Alfred Hartoyo Alphanto mendadak ramai diberitakan media mainstream sekarang ini.

Pasalnya, ia merupakan seorang dokter keturunan Tionghoa yang baru lolos masuk TNI (Tentara Nasional Indonesia) Angkatan Darat (AD) sebagai Perwira Pertama.

Lantas siapa dan bagaimana kisahnya, sehingga Alfred Hartoyo Alphanto ini bisa masuk TNI AD?

Terungkap melalui unggahan video di akun YouTube Jenderal Andika Perkasa, Alfred yang kini bernama lengkap Letda Ckm dr Alfred Hartoyo Alphanto sebagai Pama di Puskesad mengungkapkan latar belakangnya tertarik untuk masuk TNI AD.

"Saya tertarik masuk TNI karena saya melihat negeri ini telah banyak memberi untuk kami," tuturnya mengawali ceritanya.

Lebih lanjut, Alfred pun menceritakan bahwa kebaikan negeri ini sudah dirasakan oleh kakeknya dulu yang awal pertama datang ke Indonesia sebagai perantau dari Tiongkok.

"Mulai dari kakek saya yang dulu merantau dari Tiongkok ke sini bisa diterima sebagai WNI hingga bisa jadi petani dan membangun sekolah," ucapnya.

Baca juga: SOSOK Laksma TNI Kisdiyanto, Mantan Komandan KRI Fatahilah 361, Kini Resmi Jadi Kapuspen TNI

Dikatakan Alfred, negara Indonesia ini benar-benar telah memberikan kesempatan yang sama kepada setiap orang untuk berkembang tanpa membeda-bedakan etnis ataupun golongan.

Bahkan dikatakan Alfred, ayah dan ibunya pun bisa menjadi sarjana, walaupun itu hasil kerja keras mereka tapi itu juga tidak lepas dari bantuan negeri ini.

"Karenanya, saya juga ingin memberikan kembali sesuatu untuk negara. Salah satunya dengan cara mengabdi sebagai tentara," katanya.

Selama menjalani pendidikan di TNI, putra pasangan dari Jerry Alphanto dan Erna Chandra yang asli kelahiran Pontianak ini mengaku tidak pernah merasakan adanya perbedaan perlakukan dari negara maupu di dalam tubuh TNI.

"Di negara ini dan TNI ini tidak ada pembedaan, semua diberi kesempatan yang sama, bersaing yang sama, dan perlakuan di dalam organisasinya pun sama. Jadi saya dan teman-teman saya diperlakukan sama, dididik dengan benar-benar untuk menjadi seorang ptajurit yang baik," paparnya.

Baca juga: SOSOK Ghalatry Sonny, Petinju yang Raih Sabuk Emas di Ajang Internasional, Ternyata Prajurit TNI AD

Setelah menjalani acara Pelantikan Prasetya Perwira Prajurit Karier (PAPK) TNI TA 2022, Alfred pun mengungkapkan siap untuk menjalankan tugas dan siap ditempatkan di mana saja.

"Saya akan berkarya sebaik mungkin di mana pun saya ditugaskan. Saya juga akan berusaha menambah ilmu sebanyak-banyaknya lebih lagi untuk dibaktikan untuk masyarakat," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved