Breaking News:

Xpander Tabrak Angkot

Detik-detik Xpander Tabrak Angkot, Tiga Tewas, Pakar Sebut Ada Potensi Salah Injak Pedal

Berikut detik-detik mobil Xpander tabrak angkot di Sukabumi hingga menyebabkan adanya korban jiwa.

Tribun Jabar/Dian
Mobil Xpander Silver seruduk angkot di jalan RA Kosasih tepatnya di dekt simpang jalan Perum Pesona Cibeureum, Kecamatan Cibeureum Kota Sukabumi Kamis (22/9/2022). 

TRIBUNCIREBON.COM- Berikut detik-detik mobil Xpander tabrak angkot di Sukabumi hingga menyebabkan adanya korban jiwa.

Diketahui kecelakaan maut melibatkan mobil Mitsubishi Xpander di Sukabumi di Jalan RA Kosasih, Kecamatan Sukaraja, Sukabumi, Kamis (22/9/2022) sekitar pukul 10.00 WIB.

Mitsubishi Xpander berwarna silver menabrak angkot hingga ringsek.

Dikutip dari NTMC, akibat kecelakaan maut Xpander tabrak angkot tersebut tiga orang meninggal dunia dan tiga lainnya mengalami luka berat.

Adapun kecelakaan maut itu terjadi di persimpangan Jalan RA Kosasih, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi. Awalnya, angkot bergerak dari arah Sukabumi menuju Sukaraja.

Kemudian, Xpander silver tersebut ingin keluar dari komplek Pesona Cibeureum Permai dan terlihat hilang kendali dan menabrak angkot yang melintas.

“Terjadi kecelakaan antara minibus mitsubishi Xpander pada saat keluar dari Pesona Cibeureum hilang kendali sehingga menabrak angkutan kota jurusan Terminal Sukaraja. Kecelakaan itu terjadi diduga dari kelalaian pengemudi Xpander,” kata Kanit Gakkum Sat Lantas Polres Sukabumi Kota Ipda Jajat Munajat.

Jika dilihat dari video yang diunggah akun infojawabarat di Instagram, tampak detik-detik sebelum kejadian yang tertangkap kamera CCTV.

Rerlihat Xpander melaju cukup kencang dan tidak ada tanda-tanda mengerem saat masuk ke jalan utama.

Menanggapi hal tersebut, Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, menurutnya kejadian seperti ini tidak normal.

 "Kalau orang yang normal, pasti kecepatan kendaraannya disesuaikan dengan kondisi lingkungannya. Apalagi habis keluar komplek, harusnya berhenti sebelum persimpangan," kata Sony kepada Kompas.com, Kamis (22/9/2022).

Menurutnya, dari video tersebut ada kemungkinan kalau pengemudinya stress, gagal operasional, marah, dan masih banyak kemungkinan lain.

Gagal operasional seperti salah injak pedal pun mungkin terjadi. "Banyak faktor sih, bisa juga salah injak pedal. Kalau salah injak, jangan panik, angkat kaki dari pedal dan tarik parking brake," kata Sony.

Sony menambahkan, saat mengemudi, biasakan tidak terburu-buru. Sehingga kecelakaan seperti ini bisa dihindari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com 

Sumber: Kompas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved