Breaking News:

Misteri Keberadaan Soeharto di Malam Kejadian G30S/PKI Terungkap, Sempat Heboh Disebut Sedang Semedi

Soeharto merupakan salah satu sosok penting setelah terjadinya peristiwa G30S/PKI tanggal 30 September 1965 silam.

Editor: dedy herdiana
(Kolase Kolase IST dan Kompas.com)
Soeharto - Soeharto merupakan salah satu sosok penting setelah terjadinya peristiwa G30S/PKI tanggal 30 September 1965 silam. 

TRIBUNCIREBON.COM - Soeharto merupakan salah satu sosok penting setelah terjadinya peristiwa G30S/PKI tanggal 30 September 1965 silam.

Keberadaan Soeharto pada malam peristiwa itu terjadi pun sempat menjadi pertanyaan banyak orang. Hingga sejumlah kabar pun muncul saat itu, termasuk adanya kabar yang menyebutkan Soeharto sedang melakukan semedi untuk menuruti nasihat dukunnya.

Lantas di mana sebenarnya keberadaan Soeharto saat peristiwa diculik dan dibunuhnya sejumlah jenderal Angkatan Darat saat itu?

Baca juga: Soeharto Tak Masuk Daftar Jenderal yang Dijemput Cakrabirawa Pada G30S/PKI, Ini Alasannya

Soal kabar keberadaan Soeharto sempat diungkap dalam buku "Anak Desa Biografi Presiden Soeharto", karangan OG Roeder tahun 1976 lalu.

Dalam buku itu dituliskan, pada malam 30 September 1965, Soeharto memang tidak menghadiri rapat di Istana Olahraga.

"Ia tidak mendengarkan radio, dan juga tidak dekat televisi. Macam-macam pendapat tersebar kemudian tentang di mana ia berada di malam kejadian itu," tulis OG Roeder.

Satu di antaranya adalah adanya kabar yang menyebutkan Soeharto berada di sebuah tempat di mana air sungai bertemu.

"Bahwa pada malam itu ia berada di suatu tempat di mana air sungai bertemu, bersemedi menyembah Tuhan, atas nasihat mendadak seorang dukun," tulis OG Roeder.

Roeder melanjutkan, menurut cerita tersebut, dukun itu meminta Soeharto supaya tidak pulang sebelum jam dua menjelang dini hari.

"Ini tentunya akan menimbulkan malapetaka, oleh karena detik-detik sekitar jam empat pagi itu adalah saat-saat pemimpin-pemimpin TNI diculik dan dibunuh oleh gerombolan Gerakan 30 September," lanjut Roeder.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved