Breaking News:

Bangunan Rumah Warga di Zona Wisata Palutungan Terbakar, Damkar Temukan Penyebab Api Ternyata Ini

rumah milik Misdi warga Palutungan terbakar pada Rabu pagi, penyebab kebakaran itu ternyata dari ini

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
(Shutterstock)
Api. 

Laporan Kontributor Kuningan Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Sebuah bangunan rumah milik warga di kawasan objek wisata Palutungan terbakar.

Belakangan diketahui rumah terbakar itu berukuran 11 meter × 9 meter persegi milik bapak Misdi (40) seorang buruh tani dan Ananti (37) ibu rumah tangga yang beralamat di blok Babakan Dusun palutungan Desa Cisantana Kecamatan Cigugur, Rabu (21/9/2022.

"Adapun sebab terjadinya kebakaran, menurut keterangan saksi sekaligus warga setempat, Agus (25), sekitar pukul 10.00 Wib dia melihat rumah ibu Ananti banyak mengeluarkan asap yang amat pekat hingga menjulang ke atas langit," kata Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi saat memberikan keterangan kepada wartawan usai melakukan pemadaman di lokasi kebakaran.

Baca juga: Kebakaran Pasar Lettu Bakri Kota Sukabumi, 21 Toko dan 116 Jongko Pedagang Hangus Terbakar

Baca juga: Kakek Ukay Tewas Terpanggang Api di Rumahnya, Tak Bisa Selamatkan Diri Saat Kebakaran Terjadi

Khadafi mengatakan, Agus langsung memberitahukan kebakaran itu kepada Ananti (pemilik rumah terbakar) yang sedang bantu-bantu di rumah tetangga yang diketahui hendak melakukan hajat.

"Saat sudah diberitahu oleh Agus, Ibu Ananti langsung masuk ke dalam rumahnya untuk memastikan dari mana asap berasal.

Tindakan itu dilakukan bersama warga setempat dan saat di dalam rumah terdengar suara ledakan sebanyak du akali dari arah ruang televisi, juga terlihat api  yang sangat besar membakar bupet TV.

Dari situ, semua wargapun membantu berusaha memadamkan api dengan cara bergotong royong untuk memadamkan api dan menyelamatkan barang lainnya," katanya.

Kebakaran di Palutungan
Sebuah bangunan rumah milik warga di kawasan objek wisata Palutungan terbakar.

Saat warga memadamkan api secara manual lanjut Khadafi, Ade Kusuma, Kasi Pembangunan di Desa Cisantana itu  melaporkan kejadian kebakaran ke Kantor UPT Damkar Satpol PP Kuningan.

"Kemudian pada pukul 10.40 WIB, 5 anggota dari Piket Regu 1 dengan menggunakan Randis damkar berangkat menuju lokasi Kebakaran, dan tiba dilokasi kebakaran pada pukul 10.52 WIB atau sekitar 12 Menit api bisa di padamkan," katanya.

Menyakinkan kondisi bebas dari api, Khadafi mengaku setelah itu dilakukan pendataan, identifikasi, dan pengumpulan data.

"Kebakaran disebabkan dari televisi yang selalu menyolok pada aliran listrik dan tidak dicabut oleh pemilik. Kemudian, ketika meninggalkan rumah itu keadaan kosong hingga terjadi korslet dan membuat televisi dan hanphone di samping TV jadi meledak dan terjadi kebakaran.

Akibatnya, 1 unit televisi, 1 buah Hp Android dan 1 buah lemari televisi serta 1 buah DVD MP3 ludes terbakar. Hingga kerugian ditaksir oleh pemilik rumah itu sekitar Rp 5 atau 6 juta an," katanya. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved