Breaking News:

Erick Thohir Rombak Komisaris dan Direksi Pertamina saat Gelar RUPS, Ahok Diganti?

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak jajaran komisaris dan direksi PT Pertamina (Persero) melalui (RUPS) Senin (19/9/2022).

Editor: dedy herdiana
Kompas.com
Menteri BUMN Erick Thohir 

TRIBUNCIREBON.COM, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak jajaran komisaris dan direksi PT Pertamina (Persero). Hal ini diputuskan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Senin (19/9/2022).

Apakah perombakan ini termasuk mengganti Komisaris Utama dan Komisaris Independen yang kini dijabat oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok?

Oh, ternyata perombakan itu sesuai judul surat keputusannya, Menteri BUMN hanya merombak jajaran anggota dewan komisaris, jadi tidak menyebut soal Komisaris Utama dan Komisaris Independen.

Dalam rangka berbagi pengetahuan leadership kepada peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator BMKG Angkatan VI Tahun 2022, Ahok menceritakan pengalamannya menjadi kepala daerah DKI Jakarta dan menjadi dewan pengawas di Pertamina.
Dalam rangka berbagi pengetahuan leadership kepada peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator BMKG Angkatan VI Tahun 2022, Ahok menceritakan pengalamannya menjadi kepala daerah DKI Jakarta dan menjadi dewan pengawas di Pertamina. (Istimewa/bmkg.go.id)

Baca juga: Harga BBM Pertamina Terbaru 20 September 2022: Pertalite dan Pertamax di Seluruh Indonesia

Lantas posisi mana saja yang dirombak?

Adapun perubahan susunan Komisaris dan Direksi PT Pertamina (Persero), dilansir Tribuncirebon.com dari Kompas.com, yakni Rida Mulyana ditetapkan sebagai salah satu Komisaris Pertamina, Erry Widiastono sebagai Direktur Logistik dan Infrastruktur PT Pertamina (Persero), dan Atep Salyadi Dariah Saputra sebagai Direktur Strategi, Portofolio dan Pengembangan Usaha (SPPU) PT Pertamina (Persero).

Susunan Komisaris dan Direksi baru Pertamina tersebut tertuang dalam Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-198/MBU/09/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina dan Nomor : SK-199/MBU/09/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Perseroan) PT Pertamina yang ditandatangani pada Senin, 19 September 2022.

“Penetapan susunan komisaris dan direksi baru Pertamina merupakan kewenangan pemegang saham, yang diputuskan dalam RUPS,” kata Corporate Secretary PT Pertamina (Persero), Brahmantya S. Poerwadi dalam siaran pers, Senin (19/9/2022).

Dalam Surat Keputusan tersebut, pemegang saham juga memberhentikan dengan hormat Ego Syahrial dari jabatan Komisaris PT Pertamina (Persero), Mulyono dari jabatan Direktur Logistik dan Infrastruktur dan Iman Rachman dari jabatan Direktur SPPU PT Pertamina (Persero).

“Pertamina mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ego Syahrial, Bapak Mulyono dan Bapak Iman Rachman atas dedikasinya untuk Indonesia dan kontribusinya dalam pengelolaan bisnis Pertamina di tengah tantangan pandemi Covid-19,” ujar Brahmantya.

Sebagai informasi, Rida Mulyana saat ini, ia masih menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM).

Sebelum itu, Rida juga pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal EBTKE dan Direktur Jenderal Kelistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Sementara itu, Erry Widiastono, sempat menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina International Shipping (PIS) pada 13 Juni 2020.

Erry juga pernah menduduki posisi sebagai Senior Vice President for Shipping PT Pertamina (Persero). Atep Salyadi Dariah Saputra, juga sebelumnya sempat menduduki posisi strategis, sebagai Direktur Utama PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gelar RUPS, Erick Thohir Rombak Komisaris dan Direksi Pertamina"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved