Breaking News:

Keraton di Cirebon

Ungkap Jejak Keraton Cirebon di Masjid Al-Karomah, Dulu Menggantung di Sungai hanya Ditopang Pohon

Terbukti selain adanya Masjid Agung Sang Cipta Rasa di lingkungan Keraton Kasepuhan sebagai salah satu keraton di Cirebon, juga ada masjid yang didiri

Editor: dedy herdiana
Dok. Tribunjabar.id
Masjid Al-Karomah di Desa Depok, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon. 

TRIBUNCIREBON.COM - Satu lagi masjid kuno yang diduga jejak Kerajaan Cirebon atau Kesultanan Cirebon sebagai pemerintahan yang beragama Islam yang berada di luar lingkungan keraton.

Selain Masjid Merah Panjunan yang terletak di Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon (di luar lingkungan keraton di Cirebon), ternyata ada satu lagi masjid kuno yang berada di Desa Depok, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon. Masjid kuno ini bernama Masjid Al-Karomah yang konon dulunya menggantung di atas sungai.

Masjid Al-Karomah ini berada di dekat areal persawahan, sehingga bisa mudah terlihat dari keajauhan.

Baca juga: Masjid Merah Panjunan Cirebon, Jejak Syiar Syekh dari Bagdad yang Dipercaya Pangeran Cakrabuana

Berdasarkan laporan dari Direktorat Perlindungan Cagar Budaya dan Permuseuman (Dit. PSBM) tahun 2018, keberadaan masjid tersebut seakan memberikan kesan teduh dan asri saat mengunjungi masjid tua yang letaknya jauh dari keramaian.

Pepohonan bambu berdaun rimbun mendesirkan nyanyian angin. Beruntung jika mendapati areal persawahan tengah berwarna hijau. Panas teriknya Cirebon yang memang termasuk daerah di pantai utara Jawa ini akan sejenak terlupakan.

Masjid Al-Karomah di Desa Depok, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon.
Masjid Al-Karomah di Desa Depok, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon. (Dit.PVBM/Foto:Suparno)

Ada tiga pintu gerbang untuk memasuki masjid ini yang menempel di pagar berbata merah. Pintu tengah yang terbuat dari kayu berukuran sekitar satu meter kerap tertutup.

Hanya dua gerbang di kanan dan kiri yang sering terbuka. Di dekat salah satu pintu masuk yang berada di dekat pendopo terdapat palang bertuliskan, “Situs Masjid Al-Karomah”. Nama Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Pemerintah Kabupaten Cirebon tertera di atas nama masjid.

Halaman di dalam kompleks masjid tertata rapi dan bersih seperti taman yang dipercantik dengan aneka tanaman hias. Pohon dengan daunnya cukup rindang menjulang tertanam di dekat pintu masuk bagian tengah.

Kompleks masjid ini memuat beberapa bangunan. Di salah satu sisi gerbang masuk, ada kamar kecil dan tempat berwudhu untuk pria dan wanita. Di sebelahnya, ada halaman kosong yang bisa dijadikan halaman parkir kendaraan roda dua dan tempat tinggal pengurus masjid.

Di depan halaman masjid terdapat bangunan seperti selasar. Ukurannya pun tidak sebesar bangunan masjid yang terdiri atas tiga bagian. Selasar menjadi tempat pertemuan dan peristirahatan mereka yang mengunjungi masjid itu.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved