Breaking News:

Lokakarya Hasil KKM UMC Beri Catatan Ini untuk Pengembangan Desa Wisata di Jawa Barat

Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) memberikan beberapa catatan untuk pengembangan desa wisata di Jawa Barat.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Machmud Mubarok
Istimewa
Civitas akademika UMC berfoto bersama sejumlah pejabat dalam Lokakarya Hasil KKM di Kampus 2 UMC, Jalan Fatahillah, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Senin (19/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) memberikan beberapa catatan untuk pengembangan desa wisata di Jawa Barat.

Rektor UMC, Arif Nurudin, mengatakan, pengembangan desa wisata tidak sebatas membangun infrastuktur terkait sarana dan prasarananya.

Menurut dia, pengembangan sumber daya manusia (SDM) juga menjadi pekerjaan lain yang cukup berat dalam mengembangkan desa wisata.

"Pekerjaan ini tentu tidak bisa ditangani oleh satu kelompok saja," kata Arif Nurudin saat ditemui usai Lokakarya Hasil Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Kampus 2 UMC, Jalan Fatahillah, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Senin (19/9/2022).

Baca juga: 10 Universitas dan Sekolah Tinggi Terbaik di Kota Cirebon: Ada UMC, IAIN Cirebon, UGJ Cirebon

Ia mengatakan, butuh peran serta seluruh stakeholder dari mulai pemerintah, pelaku usaha, perguruan tinggi, hingga masyarakat, untuk membangun desa wisata, khususnya di Jawa Barat.

Karenanya, secara kelembagaan UMC siap berkolaborasi dengan semua pihak terutama pemerintah dalam membangun industri pariwisata Jawa Barat.

Pihaknya mengakui catatan menarik lain yang didapat dari hasil KKM tahun akademik 2021/2022 ialah banyaknya potensi wisata yang dapat dikembangkan.

"Di antaranya, wisata alam, wisata religi, hingga wisata sosial budaya, dan harus diakui minimnya pengembangan desa wisata menjadi hal yang paling krusial," ujar Arif Nurudin.

Arif menyampaikan, fokus KKM tahun akademik 2021/2022 selain mengenai perkembangan desa wisata juga termasuk permasalahan stunting.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved