Breaking News:

HEBOH! Seekor Buaya Muara Ditemukan di Kolam Ikan Milik Warga Subang, Perlu 1 Jam Mengevakuasi

Seekor buaya muara ditemukan di kolam ikan milik warga yang berada di Cisalak, Kabupaten Subang, Butuh waktu 1 jam untuk menaklukkan sang buaya

Editor: Machmud Mubarok
Tribunjabar.id/Ahya Nurdin
Petugas Damkar dibantu TNI-POLRI sukses evakuasi buaya yang ada di kolam ikan, selanjutnya buaya tersebut di serahkan ke BKSDA Purwakarta. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Subang, Ahya Nurdin

TRIBUNCIREBON.COM, SUBANG - Seekor buaya muara ditemukan di kolam ikan milik warga yang berada di Kampung Mayang, Desa Mayang, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang.

Buaya tersebut ditemukan warga pada Jumat (16/9/2022) malam lalu. Penemuan buaya muara tersebut sempat membuat geger dari warga sekitar. Butuh waktu 1 jam untuk menaklukkan sang buaya dan mengevakuasinya.

Menurut rekan pemilik kolam ikan, Aif Saiful Rohman, setelah mendapati seekor buaya muara liar tersebut pihaknya langsung melaporkan kepada pihak Rescue Damkar Subang untuk dilakukan evakuasi karena dikhawatirkan membahayakan masyarakat sekitar. 

"Berhubung buaya liar ini ditemukan di dalam kolam ikan rumah teman saya khawatir juga membahayakan masyarakat sekitar jadi kami langsung melapor untuk minta dievakuasi," ujar Aif kepada wartawan, Senin (19/9/2022). 

Baca juga: Buaya Raksasa Seberat 1 Ton Ini Berhasil Ditangkap oleh Pria 53 Tahun Seorang Diri, Begini Caranya

Baca juga: MENGERIKAN, Pria Ini Nyaris Mati Diterkam Buaya, Begini Aksi Heroiknya Bisa Lepas dari Gigitan

Aif mengatakan, buaya muara tersebut diduga berasal dari sungai Mayang yang berdekatan dengan kolam ikan. Ia juga mengungkapkan, buaya muara tersebut langsung dievakuasi disebabkan khawatir buaya kembali masuk ke sungai. 

"Kita khawatir juga apabila nanti air sungai (Mayang) naik buayanya bisa kembali keluar. Kita kan tahu kalau misalkan buaya itu paling suka main di air," katanya. 

Petugas gabungan dari TNI Polri dan Damkar Subang berjibaku lakukan evakuasi buaya muara yang ditemukan di kolam ikan milik warga di Kampung Mayang, Desa Mayang, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Senin (19/9/2022). 

Dengan menggunakan alat khusus menangkap buaya, petugas dari Damkar Subang membutuhkan waktu satu jam untuk mengangkat buaya muara tersebut dari dalam kolam ikan. 

Petugas Damkar dibantu TNI-POLRI sukses evakuasi buaya yang ada di kolam ikan, selanjutnya buaya tersebut di serahkan ke BKSDA Purwakarta.
Petugas Damkar dibantu TNI-POLRI sukses evakuasi buaya yang ada di kolam ikan, selanjutnya buaya tersebut di serahkan ke BKSDA Purwakarta. (Tribunjabar.id/Ahya Nurdin)

Petugas Damkar Subang Wawan, mengatakan tidak ada kendala apapun saat petugas melakukan evakuasi buaya muara di dalam kolam ikan itu. Damkar Subang menurunkan dua regu dengan total 10 personel. 

"Allhamdulilah berhasil kami evakuasi tidak ada hambatan apapun lancar semua proses evakuasinya," ujar Wawan ditemui dilokasi evakuasi.

Menurut Wawan, buaya muara tersebut diperkirakan berusia 9 tahun serta memiliki bobot seberat 40 hingga 50 Kilogram dan panjang sekitar 2 meter. 

"Kira-kira panjangnya 2,5 meter  berat kira-kira 40 sampai 50 Kilogram. Ini buaya air tawar atau buaya muara," katanya. 

Setelah berhasil dievakuasi buaya muara tersebut langsung dibawa ke BKSDA Purwakarta. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved