Breaking News:

Ribuan Ikan Koi Ikuti Kontes Bupati Kuningan Cup, Peserta yang Jadi Juara Ungkap Begini

Ribuan ekor Ikan Koi milik sejumlah penghobi dari Kuningan dan luar Kuningan, mengikuti kontes Ikan Koi Bupati Kuningan Cup Koi Show 2022

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Bupati Kuningan H Acep Purnama saat menyaksikan ikan-ikan koi peserta Bupati Kuningan Cup Koi Show 2022 di GOR Ewangga Kuninga, Minggu (18/9/2022). 

Laporan Kontributor Kuningan Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Ribuan ekor Ikan Koi milik sejumlah penghobi dari Kuningan dan luar Kuningan, mengikuti kontes Ikan Koi Bupati Kuningan Cup Koi Show 2022 di GOR Ewangga Kuningan.

"Kontes koi yang berlangsung selama tiga hari terakhir ini, Minggu (18/9/2022), diikuti sebanyak 2.082 ikan koi dari 513 pemilik atau owner," kata H Iik Syaiful Khalik, panitia penyelenggara, saat memberikan keterangan kepada TribunCirebon.com, Minggu (18/9/2022).

Iik Syaiful mengatakan, para peserta berasal dari sejumlah kota, seperti Jakarta, Serang, Bekasi, Karawang, Bandung, Sumedang, Majalengka, Cirebon, Wonosobo dan daerah lain.

"Kemudian daerah paling banyak mengirimkan ikan koi adalah Jakarta mencapai 381 ekor, sedangkan juri yang terlibat sejumlah 15 orang dari daerah berbeda," katanya.

Baca juga: Nama Kuningan Tak Dikenal di Kalangan Pecinta Ikan Koi, Komunitas Ikan Koi Kota Kuda Lakukan Ini

Iik Syaiful Holik, mengatakan, kontes ikan koi ini merupakan kali pertama yang diadakan Paguyuban Koi Kuningan. Penyelenggaraan kontes ikan koi akan kembali diadakan secara berkelanjutan.

“Jumlah peserta atau owner itu ada 513 orang dengan handling sebanyak 154 orang. Alhamdulillah dengan target kita sebanyak 2.000 ikan. Kemudian, untuk juara umum dengan jumlah ikan terbanyak mencapai 172 ekor diraih Dede Darmawan asal Jakarta. Selama ini, Dede Darmawan memang dikenal selalu memberikan dukungan terbaiknya di setiap even koi show," katanya.

Sementara Juara Umum 1st Bupati Kuningan Cup Koi Show 2022, Dede Darmawan mengaku, senang menjadi peserta dalam even 1st Bupati Kuningan Cup Koi Show 2022.

"Acara ini terbilang sukses dengan tempat yang sudah memenuhi standar kontes ikan koi. Saya sudah 5 tahun hobi koi dan sampai sekarang masih jalan dan paling jauh itu pernah ikut kejuaraan di Bali," ujarnya.

Selama 5 tahun lebih ini, dia mengaku ada prestasi yang berhasil dari hobi dan  ikan koi tidak semata-mata hanya sebagai pengisi waktu luang. Namun dapat membantu para petani ikan yang sudah berusaha dalam budidaya koi.

“Jadi saya tidak hanya membeli ikan koi dari Jepang, tapi juga membeli dari petani koi lokal. Bahkan tidak kalah juga ikan koi lokal, bagus-bagus. Pengalaman beli ikan dari Jepang berukuran 1 meter lebih, untuk harga Rp 300 juta jenis Kohaku,” katanya.

Di tempat sama, Bupati Acep Purnama memberikan sambutan sekaligus menyerahkan piala berupa miniatur ikon Tugu Ikan Dewa khusus bagi juara umum.

"Semoga event ini menjadi ruang bagi para penghobi ikan koi, agar ke depan menjadi peluang dalam berwirausaha. Ini salah satu inovasi dari masyarakat Kuningan, hobi yang dapat membuka peluang usaha. Selamat bagi para juara," katanya. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved