Breaking News:

Jalur Pendakian Gunung Ciremai Jadi Track Trail Run, Kenalkan Potensi Wisata Alam di Kuningan

Jalur pendakian Gunung Ciremai menjadi jalur lomba pelari tangguh, selain sport juga sekaligus mengenalkan potensi wisata Kuningan

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Puluhan pelari mengikuti lomba lari trail dengan rute jalur pendakian Gunung Ciremai yang diadakan Komunitas Runner Kuningan itu bekerjasama BPBD Kuningan, Minggu (18/9/2022). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Jalur pendakian Gunung Ciremai menjadi jalur lomba pelari tangguh. Kegiatan yang dimotori Komunitas Runner Kuningan itu bekerjasama BPBD Kuningan.

"Pelaksanaan lomba lari trial untuk mengenalkan Kuningan terhadap daerah lain. Kami sebut ini sekaligus Sport Tourism dalam mendongkrak nilai ekonomi daerah," ujar Kepala BPBD Kuningan Indra Bayu Permana sekaligus panitia penyelenggara kegiatan, Minggu (18/9/2022).

Menurut Indra, jalur pendakian Gunung Ciremai masuk sebagai track dalam lomba pelari tangguh. "Untuk track lari trial. Ini ada beberapa jalur pendakian yang menjadi jalur dalam lomba sekarang," katanya.

Jumlah peserta yang mengikuti lari trail ini sebanyak 85 peserta dari berbagai daerah, seperti dari Cianjur, Purbalingga dan kota besar se - Jabodetabek.

"Jarak jalur itu ada dua kategori. Pertama sepanjang 6 km (kilometer) dan satunya itu jalur 20 Km. Mereka dari luar daerah Kuningan itu dari Jabodetabek, Cianjur dan ada juga dari Purbalingga," katanya.

Baca juga: Trisakti Sadarehe, Jalur Pendakian Gunung Ciremai via Majalengka Mulai Diminati Pendaki

Lomba lari trail, kata Indra Bayu Permana merupakan lomba perdana di Kabupaten Kuningan.

"Iya, kegiatan ini pertama dilakukan. Sekaligus mengenalkan banyak potensi dan destinasi wisata di Kuningan," katanya.

Meski baru pertama kali diselenggarakan, Trail Run yang digelar BPBD Kuningan ini mendapat banyak dukungan baik dari unsur pemerintah, BUMD maupun dari pihak swasta. "Kami harapkan kegiatan ini bisa digelar secara rutin untuk ke depannya," katanya.

Hasil lomba trail run yang lolos juara dan untuk kategori 20 KM putra kelas itu juara pertama diraih oleh Arief Wismoyono ( catatan waktu 1:57:16), kedua, Sobiri Haerudin (2:02:23) dan yang ketiga adalah Daniel Lubis Jensen (2:18:56).

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved