Breaking News:

Pemkab Cirebon Siapkan Anggaran Rp 7,46 Miliar untuk Bansos, Mulai Kapan Disalurkannya?

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon telah menyiapkan anggaran hingga lebih dari Rp 7 miliar untuk penyaluran bantuan sosial (bansos).

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: dedy herdiana
tribunnews.com
Ilustrasi uang bansos - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon telah menyiapkan anggaran hingga lebih dari Rp 7 miliar untuk penyaluran bantuan sosial (bansos). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon telah menyiapkan anggaran hingga lebih dari Rp 7 miliar untuk penyaluran bantuan sosial (bansos).

Sekretaris Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Cirebon, Suratmo, mengatakan, pemberian bansos itu sebagai dampak kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu.

Menurut dia, anggaran yang telah disiapkan Pemkab Corebon untuk bansos tersebut mencapai Rp 7,46 miliar dan akan disalurkan kepada sejumlah kalangan masyarakat.

Baca juga: Rapat Paripurna DPRD Kota Cirebon Menyetujui Tiga Raperda, Termasuk Perubahan APBD 2022

"Sasaran penyaluran bansos ini dari mulai pengemudi ojek online, UMKM, nelayan, dan lainnya," ujar Suratmo saat dihubungi melalui sambungan teleponnya, Sabtu (17/9/2022).

Ia mengatakan, bansos itu pun sebagai jaring pengaman sosial dalam mengantisipasi dampak kenaikan harga BBM, di antaranya, menurunnya daya beli masyarakat sehingga memicu inflasi.

Selain itu, pihaknya mengakui pemberian bansos tersebut juga telah diamanatkan pemerintah pusat ke setiap pemerintah daerah tingkat kabupaten/kota se-Indonesia.

Karenanya, Pemkab Cirebon wajib menyalurkan bantuan itu kepada sejumlah kalangan masyarakat Kabupaten Cirebon, khususnya yang terdampak kenaikan harga BBM.

"Rencananya bantuan ini akan disalurkan secara langsung kepada masyarakat mulai Oktober 2022, dan bertahap hingga akhir tahun," kata Suratmo.

Suratmo menyampaikan, bansos itu pun bakal diberikan secara langsung kepada masyarakat Kabupaten Cirebon yang tercatat sebagai penerimanya.

Nantinya, bantuan tersebut ditransfer secara langsung ke rekening bank setiap penerima, dan ditargetkan mulai disalurkan pada bulan depan.

Anggaran yang telah disiapkan Pemkab Cirebon juga akan dialokasikan untuk subsidi transportasi yang bertujuan menciptakan lapangan kerja baru di sektor tersebut.

"kenaikan harga BBM dikhawatirkan menurunkan daya beli masyarakat, dan menimbilkan inflasi, sehingga pemerintah menyiapkan antisipasi melalui program ini," ujar Suratmo.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved