Breaking News:

Tanto Petani Ikan Japung Semringah Setelah Gunakan Cairan Bios 44 TNI, Ini Penjelasannya

seorang petani ikan jaring apung di perairan Waduk Darma, Kuningan, merasa bahagia seusai menggunakan cairan BIOS 44 TNI

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
Kontributor Tribun Cirebon/Ahmad Ripai
Pandam III/Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo (kanan) menuangkan cairan Bios 44 di Waduk Darma Kuningan, Jumat (10/6/2022). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Tanto (53), salah seorang petani ikan jaring apung di perairan Waduk Darma, Kuningan, merasa bahagia seusai menggunakan cairan BIOS 44 TNI untuk budidaya ikan.

"Sejak menggunakan cairan Bios 44 dari bapak-bapak TNI. Kini usaha budidaya ikan yang saya lakukan jauh berbeda dengan sebelumnya. Terutama saat panen itu lebih untung dari biasanya," kata Tanto, Rabu (14/9/2022).

Tanto menjelaskan, cairan Bios 44 sangat bermanfaat bagi kelangsungan budidaya ikan. Hal itu setelah  dilakukan penelitian terhadap perkembangan jumlah ikan itu sendiri.

"Manfaat Bios yang kami rasakan itu banyak. Di antaranya bisa menekan angka kematian pada ikan saat melangsungkan budidaya dan pertumbuhan ikan lebih cepat dari biasanya," katanya.

Baca juga: Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo Datangi Waduk Darma di Kuningan, Tuangkan Cairan Ini ke Air Danau

Penekanan angka kematian, kata Tanto, bahwa koloni ikan ini jauh dari paparan penyakit atau hama yang menjadi sebab kematian ikan tersebut.

"Alhamdulillah dengan menggunakan Bios, jumlah kematian ikan tidak begitu banyak. Kalkulasi kami dalam jumlah kematian itu biasanya 20 persen dari sekitar 1 ribu ekor, kini tidak nyampe satu persennya pun," katanya.

Kemudian, kata Tanto mengemuka untuk pertumbuhan ikan saat menggunakan Bios, jelas membantu petani dalam melakukan budidaya ikan sebagai mata pencaharian.

"Pengalaman pas pakai Bios, pertumbuhan ikan cepat dari masa budidaya pada umumnya. Dulu sebelum pakai Bios itu pemeliharaan hingga masa panen itu sekitar 3 - 4 bulan, dan kini hanya 2 bulan, ikan siap panen dan sesuai kebutuhan pasar," katanya.

Teknik penggunaan Bios, Tanto menyebutkan untuk ukuran lapak jaring ikan seluasa 4x6 meter itu hanya satu tutup botol air kemasan.

"Cara penggunaannya, kita ambil air ke dalam ember dengan ukuran 5 liter, terus kita campurkan cairan Bios setutup botol lalu diaduk hingga merata dan cairan dalam ember tadi, kita siram ke lapak atau petak ikan," ujarnya. (*) 

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved