Breaking News:

Advertorial

Fraksi-Fraksi DPRD Kota Cirebon Sampaikan Pemandangan Umum Terhadap Raperda Perubahan APBD 2022

agenda pertama dalam rapat paripurna adalah persetujuan terhadap Raperda tentang Penyelenggaraan Komunikasi dan Informatika, Statistik serta Persandia

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Suasana rapat paripurna di Griya Sawala DPRD Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Rabu (14/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - DPRD Kota Cirebon menggelar rapat paripurna yang membahas sejumlah agenda penting di Griya Sawala DPRD Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Rabu (14/9/2022).

Di antaranya, persetujuan Raperda tentang Penyelenggaraan Komunikasi dan Informatika, Statistik serta Persandian, penyampaian Raperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022, pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap Raperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022, hingga jawaban Wali Kota Cirebon atas pemandangan tersebut.

Ketua DPRD Kota Cirebon, Ruri Tri Lesmana, mengatakan, agenda pertama dalam rapat paripurna adalah persetujuan terhadap Raperda tentang Penyelenggaraan Komunikasi dan Informatika, Statistik serta Persandian.

Menurut dia, raperda itu sudah dibahas secara komprehensif oleh Pansus DPRD bersama Tim Asistensi Pemda Kota Cirebon, kemudian difasilitasi gubernur melalui Sekda Jawa Barat, dan dilaporkan kepada pimpinan serta para Ketua Fraksi DPRD Kota Cirebon.

"Sesuai Peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2021 tentang Tata Tertib DPRD, raperda tersebut sudah bisa dibawa ke tingkat rapat paripurna untuk mendapatkan persetujuan menjadi perda," ujar Ruri Tri Lesmana saat memimpin rapat paripurna.

Baca juga: Rapat Kerja Komisi I DPRD Kota Cirebon Fasilitasi Aspirasi RW dan LPM, Tak Ingin Ada Refocusing Lagi

Ia mengatakan, agenda kedua rapat paripurna kali ini ialah penyampaian Raperda tentang Perubahan APBD tahun anggaran 2022 oleh Wali Kota Cirebon.

Selain itu, agenda rapat paripurna berikutnya adalah penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap Raperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2019 Pasal 77, kepala daerah wajib menyampaikan raperda tentang perubahan APBD pada DPRD disertai penjelasan dan dokumen pendukung.

"Raperda tersebut dibahas dalam rangka mendapat persetujuan bersama, dan paling lambatnya pekan kedua September 2022," kata Ruri Tri Lesmana.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved