Breaking News:

Human Interest Story

Ritual Nyiramkeun Benda Pusaka di Majalengka, Tradisi Ratusan Tahun Kerajaan Talaga Manggung 

Ritual 'nyiramkeun' benda pusaka kerajaan Talaga Manggung kembali digelar di Museum Talaga Manggung, Desa Talaga Wetan

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Eki Yulianto
Ritual 'nyiramkeun' benda pusaka kerajaan Talaga Manggung kembali digelar di Museum Talaga Manggung, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka, pada Senin (12/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Ritual 'nyiramkeun' benda pusaka kerajaan Talaga Manggung kembali digelar di Museum Talaga Manggung, Desa Talaga Wetan, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka, pada Senin (12/9/2022).

Kegiatan itu dihadiri ratusan warga dari berbagai daerah yang ingin menyaksikan proses pencucian benda-benda peninggalan kerajaan tersebut.

'Nyiramkeun' sendiri berasal dari kata Sunda, yaitu Siram.

Ritual seperti ini merupakan kekayaan budaya dan kearifan lokal di wilayah Talaga demi melestarikan benda-benda peninggalan kerajaan Talaga Manggung.

Baca juga: Warga Nunuk Majalengka Gelar Tradisi Cuci Benda Pusaka Nyiramkeun Pusaka Karuhun Nunuk

'Nyiramkeun' dilaksanakan secara turun temurun oleh Yayasan Talaga Manggung, keluarga keturunan Kerajaan Talaga Manggung di setiap hari Senin pada tanggal belasan Bulan Safar.

Air untuk pencucian benda-benda pusaka tersebut berasal dari 9 sumber mata air (Ci Nyusu) yang diambil oleh kuncen menggunakan tempat penyimpanan yang berasal dari bambu kuning.

Pantauan Tribun di lokasi, kegiatan tersebut diawali dengan kirab budaya yang menampilkan simbol ratu kerajaan Talaga Manggung.

Kirab dilakukan dari Kantor Kecamatan Talaga menuju Museum Talaga Manggung yang berjarak kurang lebih 300 meter.

"Kegiatan ini sudah berjalan ratusan tahun warisan budaya yang sudah biasa dilakukan oleh para leluhur. Intinya untuk silaturahmi keluarga besar Kerajaan Talaga dengan masyarakat," ujar salah satu anggota keluarga besar Kerajaan Talaga Manggung, Raden Teten kepada Tribun, Senin (12/9/2022). 

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved