Breaking News:

Rumah Mang Omo Ludes Terbakar, Beruntung Penghuni Rumah Terbangun dan Bisa Menyelamatkan Diri

Rumah permanen yang dihuni Mang Omo Adma (67) beserta anak istri dan cucunya di Dusun Cibiru RT 03 RW 09 Desa/Kecamatan Sadananya Ciamis, ludes terbak

Editor: Machmud Mubarok
Istimewa/dok Tagana Ciamis/Yulianti Eka
Rumah permanen yang dihuni Mang Omo Adma (67) berserta anak istri dan cucunya di Dusun Cibiru RT 03 RW 09 Desa/Kecamatan Sadananya Ciamis, ludes terbakar, Sabtu (10/9) sekitar pukul 00.30 dini hari. 

TRIBUNCIREBON.COM, CIAMIS – Rumah permanen yang dihuni Mang Omo Adma (67) beserta anak istri dan cucunya di Dusun Cibiru RT 03 RW 09 Desa/Kecamatan Sadananya Ciamis, ludes terbakar, Sabtu (10/9) sekitar pukul 00.30 dini hari.

Amukan api pertama kali diketahui oleh istri korban. Yang terbangun dari tidur sekitar pukul 24.00 Jumat (9/9) tengah malam setelah mendengar suara letupan dari atas kamar belakang dekat dapur.

Korban kaget luar biasa begitu mengetahui ada kobaran api di atas kamar belakang dekat dapur tersebut.

Kemudian korban membangunkan suaminya, Mang Omo serta orang seisi rumah. Mereka berteriak-teriak minta tolong warga.

Baca juga: Kebakaran Pasar Lettu Bakri Kota Sukabumi, 21 Toko dan 116 Jongko Pedagang Hangus Terbakar

Warga yang sudah melihat kobaran api menyala di atas atap rumah korban memberi tahu, Aep Saepuloh yang sedang giliran ronda malam. Mengetahui rumahnya terbakar, anak Mang Omo tersebut secepatnya melapor dan minta tolong petugas UPTD Damkar Ciamis.

 “Mang Omo sekeluarga berhasil menyelamatkan diri. Istri korban terbangun duluan, setelah itu semua yang ada di rumah berhasil menyelamatkan diri. Tidak ada yang luka-luka. Alhamdulillah semua selamat,” ujar relawan Tagana di Sadananya, Yulianti Eka, kepada Tribun Sabtu (10/9).

Dari 7 orang yang menyelamatkan diri (Mang Omo sekeluarga)  saat terjadi kebakaran tersebut menurut Yulianti, dua di antaranya adalah balita, yakni seorang bocah laki-laki usia 5 tahun dan seorang lagi, anak perempuan usia 2 tahun.

“Kedua anak-anak tersebut berhasil diselamatkan orangtuanya,” ujar Yulianti.

Warga yang berdatangan ke lokasi mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya. Api kemudian berhasil dipadamkan setelah aoparat setempat serta petugas dan mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi kejadian.

Namun sekitar 75 persen bangunan rumah korban sudah telanjur ludes berikut isinya.      

“Pakaian, peralatan rumah, kasur, selimut, perabot ludes terbakar. Mang Omo sekeluarga mengungsi ke rumah tetangga di lingkungan yang sama, Ada sekitar 7 orang yang mengungsi ,” katanya.

Kebakaran yang telah meluluhlantakkan rumah Mang Omo tersebut diduga akibat hubungan arus pendek listrik (korsleting).

Menurut petugas UPTD Damkar Satpol PP Ciamis, Ali Sadikin, kerugian materi akibat kebakaran rumah ukuran 6 x 10 meter persegi milik  Omo Adma  di Dusun Cibiru Rt 03 Rw 09 Desa/Kecamatan Sadananya tersebut mencapai sekitar Rp 150 juta.

“Tidak ada korban jiwa. Setelah melakukan pemadaman sekitar pukul 02.40 dinihari tadi malam, petugas sudah kembali ke UPT Mako Damkar,” ujar Ali Sadikin. (*)

 

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved