Breaking News:

Beredar Kabar Presiden Jokowi Akan Lantik Abdullah Azwar Anas Jadi Menpan RB Ganti Tjahjo Kumolo

Kabar beredar bahwa Menteri PanRB yang akan dilantik adalah Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Abdullah Azwar Anas

Editor: Machmud Mubarok
Biro Pers Setpres/Krishadiyanti
Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menpan RB menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia beberapa waktu lalu. 

TRIBUNCIREBON.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melantik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) pada Rabu (7/9/2022) pagi.

Saat ini diketahui bahwa kursi MenpanRB kosong sepeninggal Tjahjo Kumolo yang wafat pada 1 Juli lalu.

“Iya rencananya besok,” kata sumber Tribunnews di kalangan politisi, Selasa (6/9/2022) malam.

Kabar beredar bahwa Menteri PanRB yang akan dilantik adalah Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)  Abdullah Azwar Anas. Namun sumber tribunnews tidak membenarkannya.

“Tunggu saja besok,” katanya.

Baca juga: SOSOK Tjahjo Kumolo Politisi PDIP Sekaligus Menpan RB yang Meninggal, Begini Kondisi Terakhirnya

Sejak meninggalnya  Tjahjo Kumolo pada 1 Juli lalu, Presiden Jokowi belum kunjung melantik  Menpan RB yang baru.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan belum diisinya kursi  Menpan RB selama 2 bulan karena padatnya agenda Presiden Jokowi.

“Mungkin kan pak Presiden sibuk kemarin, kunjungan kerja rangkaian ke Papua, Ambon, Lampung. Kemarin ada tamu negara. Besok sih ada acara hari Kamis di sini. Kamis ada acaranya Kementerian Pertahanan,” kata Heru di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, (6/9/2022).

 Heru mengaku belum mengetahui pasti kapan pelantikan  Menpan RB definitif akan dilakukan.

Sementara itu Deputi Bidang Protokol, Pers, Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan masalah pelantikan menteri merupakan hak prerogatif Presiden.

Menteri kan pada intinya hak prerogatif presiden,” katanya.

Adapun Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dikabarkan telah menyerahkan calon  Menpan RB kepada Presiden Jokowi sejak beberapa waktu lalu.

"Ya, hari Kamis lalu Ibu Mega sudah bertemu Presiden Jokowi, dan nama-nama sudah diserahkan," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Selasa (23/8/2022).

Kendati demikian, Hasto menyebut jika Megawati sangat menghormati keputusan Presiden Jokowi dalam menetapkan siapa pengganti almahrum Tjahjo Kumolo.

"Ibu Megawati Soekarnoputri ini menghormati sistem presidential sehingga nama-nama sudah diserahkan sehingga Bapak Presiden Jokowi lah yang akan menetapkan dan akan menentukan kapan momentumnya," ujarnya.

Hasto menambahkan Presiden Republik Indonesia (RI) yang kelima itu tak hanya menyerahkan satu nama ke Jokowi.

"Ya lebih dari satu (nama calon  Menpan RB)," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jokowi Dikabarkan akan Lantik Azwar Anas Jadi Menpan RB Pengganti Almarhum Tjahjo Kumolo Besok Pagi, https://www.tribunnews.com/nasional/2022/09/07/jokowi-dikabarkan-akan-lantik-azwar-anas-jadi-menpan-rb-pengganti-almarhum-tjahjo-kumolo-besok-pagi?page=all
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Dodi Esvandi

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved