Breaking News:

Ratusan Rumah di Cimenyan Rusak Akibat Diterjang Angin Puting Beliung

Sebanyak 100 lebih rumah rusak akibat diterjang angin puting beliung di Desa Mekar Saluyu dan Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan

Tribun Jabar/Lutfi
Sebanyak 100 lebih rumah  rusak akibat diterjang angin puting beliung di Desa Mekar Saluyu dan Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Minggu (4/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin


TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG- Sebanyak 100 lebih rumah rusak akibat diterjang angin puting beliung di Desa Mekar Saluyu dan Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Minggu (4/9/2022).


Siang ini, warga bersama para petugas BPBD, TNI, Polri, dan perintah setempat, bergotong royong mebereskan puing-puing akibat angin puting beliung, yang terjadi kemarin sekitar pukul 14.00 WIB.


Tak hanya itu warga dan para petugas gabungan, juga mengevakuasi atau membereskan pohon tumbang, yang menghalangi jalan.


Menurut Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung,  Pahala, akibat angin puting beliung ini di Desa Mekar Saluyu, terdapat 26 rumah dan 8 warung rusak.


"Untuk di Desa Cimenyan, sebanyak 121 rumah, 5 warung, 1 Masjid, mengalami kerusakan akibat angin puting beliung," kata Pahala.

Sebanyak 100 lebih rumah  rusak akibat diterjang angin puting beliung di Desa Mekar Saluyu dan Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Minggu (4/9/2022).
Sebanyak 100 lebih rumah  rusak akibat diterjang angin puting beliung di Desa Mekar Saluyu dan Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Minggu (4/9/2022). (Tribun Jabar/Lutfi)


Pahala mengatakan, data tersebut, masih data sementara sebab hingga kini pihaknya yang dibantu desa, RT dan RW masih melakukan pendataan.


"Di Desa Mekar Saluyu ada 2 rumah yang rusak berat, di Desa Cimenyan tak ada rumah yang rusak berat,  kebanyakan hanya atapnya saja," ujar dia.


Selain membantu warga yang rumahnya terdampak, kata Pahala, pihaknya juga sudah mengevakuasi beberapa pohon tumbang, yang menghalangi jalan.


"Tadi malam juga sudah didoronf logistik terkait terpal, untuk beberapa rumah yang atapnya rusak, alat kebersihan, famili kit dan makanan siap saji warga terdampak," katanya.


Pahala membenarkan, di Cimenyan, sudah dua kali terjadi angin puting beliung, tahun lalu dan sekarang.


"Nanti ada rekan BPBD di bidang mitigasi, akan kordinasi dengan BMKG untuk mengetahui jalur anginnya. Nanti akan diadakan mitigasi, dibuat rambu-rambu, imbauan-imbauan dibantu pihak desa, apa yang harus dilakukan jika terjadi lagi hal seperti ini," ucapnya.

 

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved