Breaking News:

KM Sida Rahayu 3 Terbalik di Laut Jawa, 6 ABK Selamat, 8 Orang Hilang

(SAR) Bandung mengerahkan personel lengkap dengan alat utama sistem pencarian laut untuk bantu mencari anak buah kapal (ABK) Sida Rahayu 3 yang hilang

Humas Kantor SAR Bandung
Kapal Motor (KM) Sida Rahayu yang terbalik di laut utara Jawa 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNCIREBON.COM, SUMEDANG - Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Bandung mengerahkan personel lengkap dengan alat utama sistem pencarian laut untuk membantu mencari anak buah kapal (ABK) Sida Rahayu 3 yang hilang di laut utara Jawa. 

Sebanyak 8 orang dari jumlah total ABK 14 orang, dinyatakan hilang pasca-kapal motor tersebut terbalik pada Kamis (25/8/2022) malam.

Kapal ini sendiri berangkat berlayar dari Muara Angke pada Selasa (23/8/2022).

Enam orang dinyatakan selamat. Mereka menyelamatkan diri dengan cara menaiki bangkai perahu yang terbalik. 

Keesokan hari, Jumat (26/8/2022), pukul 08.45, awak kapal-kapal lain, yakni TB Mitra Pulau yang sedang berlayar dari Sukamara menuju Marunda melihat KM Sida Rahayu 3 dalam kondisi terbalik. 

Selanjutnya TB Mitra Pulau melakukan penyelamatan terhadap 6 ABK dan dievakuasi ke Pelabuhan Marunda, sedangkan 8 ABK lainnya masih dalam pencarian. 

"Kantor SAR Bandung menerima laporan dari Kantor SAR Jakarta terkait kecelakaan kapal tersebut dengan koordinat  05 17'161" S 107 48'498"E," kata Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril saat dihubungi dari Sumedang, Sabtu malam. 

Kapal Motor (KM) Sida Rahayu yang terbalik di laut utara Jawa
Kapal Motor (KM) Sida Rahayu yang terbalik di laut utara Jawa (Humas Kantor SAR Bandung)

Dia mengatakan, Kantor SAR Bandung mengerahkan personel dengan membawa kapal Basarnas KN 206 Bandung. 

"Kru yang dilibatkan adalah personel Kantor SAR Bandung, personel Unit Siaga SAR Karawang, yang secara intens melakukan koordinasi dengan BCC (Basarnas Command Center), Kantor SAR Jakarta, SROP Tanjung Priok, VTS Tanjung Priok, KSOP Patimban dan VTS Cirebon," kata Jumaril. 

Selain itu Kantor SAR Bandung berkoordinasi dengan Kantor SAR Jakarta terkait pengerahan alat dari Kantor SAR Jakarta untuk melakukan pencarian POB (Person on Board)/ABK yang belum ditemukan. 

"Kami sudah meminta bantuan Kantor SAR Jakarta untuk mengerahkan KN SAR Wisnu dan RIB Jakarta karena memang lokasi kejadian lebih dekat dari posisi SAR Jakarta," kata Jumaril.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved