Breaking News:

Bupati Kuningan Bagikan Ribuan Paket Beras, Berikut Fakta dan Penjelasannya

Bupati Kuningan H Acep Purnama membagikan paket beras seberat 5 kg kepada masyarakat Kuningan.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Bupati Kuningan H Acep Purnama (kiri) saat menghadiri acara Babarit di pendopok kompleks Setda Kuningan, Minggu (28/8/20220. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGANBupati Kuningan H Acep Purnama membagikan paket beras seberat 5 kg kepada masyarakat Kuningan.

"Pembagian beras ini sekaligus dalam rangkaian hari Jadi Kuningan di sela kegiatan Babarit atau syukuran warga semua," kata Acep yang juga orang nomor satu di Kuningan, Minggu (28/8/2022).

Menurut Acep, jumlah paket beras yang dibagikan ada sebanyak 3.500 paket yang diperoleh dari berbagai pihak, mulai pemerintah serta sejumlah donasi.

"Ya untuk beras kita bagikan itu dari pemerintah dan donator, kebetulan jumlah yang kita sediakan itu ada 3500 paket dengan bobot 5 kg," katanya.

Baca juga: Warga Kuningan Tumplek Rebutan Nasi Tumpeng Seusai Babarit, Sebut Nasi Hasil Rebutan Membawa Berkah

Acep mengatakan, kegiatan sosial ini merupakan rangkaian dari kegiatan memeriahkan Hari Jadi ke 524 Kuningan. Kemudian kepada warga semua diharapkan bersabar dengan tingkat pelaksanaan kerja pemerintah yang belum maksimal.

"Ya untuk kegiatan sosial di Hari Jadi Kuningan ini semua untuk masyarakat. Kemudian, saya juga mohon maaf kepada masyarakat selama pelaksanaan kerja pemerintah, jadi tolong bersabar dari permasalahan atau kerusakan fasilitas sosial dan umum ini belum bisa diselesaikan. Seperti jalan masih banyak yang rusak dan pelayanan publik kurang berkenan serta banyak lagi," katanya.

Warga Kuningan tumplek di depan Kantor Bupati Kuningan, Minggu (28/8/2022). Mereka menghadiri acara Babarit sebagai bagian dari rangkaian Hari Jadi ke -524 Kuningan.

Upacara Babarit merupakan upacara mengucapkan rasa syukur mereka. upacara Babarit dilaksanakan pada bulan Suro.

Maksud dan tujuan dari upacara Babarit ini adalah sebagai penghormatan kepada leluhur dan mengucap rasa syukur, selain itu sebagai :
1. Syukuran kepada Allah SWT atas kekayaan pertanian yang melimpah
2. Mengharap Keberkahan dan keselamatan kepada Allah SWT
3. Mendoakan para sesepuh yang sudah meninggal
4. Sebagai ritual tolak bala.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved