Breaking News:

Dua Kelompok Bentrok Rebutan Lapak Pameran Hari Jadi Ke -524 Kuningan, Begini Faktanya

Jelang digelar pameran pembangunan Hari Jadi ke-524 Kuningan, sempat heboh soal rebutan lapak hingga dua kelompok bentrok, untungnya bisa dilerai

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: dedy herdiana
Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
Lokasi pameran pembangunan Hari Jadi ke-524 Kuningan, Sabtu (27/8/2022). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRUBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Jelang digelar pameran pembangunan Hari Jadi ke-524 Kuningan, sempat heboh soal adanya rebutan lapak hingga dua kelompok terlibat bentrok, untungnya berhasil dilerai Kapolres AKBP Dhany Aryanda dan Bupati Kuningan H Acep Purnama.

Data terhimpun, dua kelompok bentrok di lokasi lapak pameran pembangunan di kawasan Terminal Tipe A Kertawangunan itu masing - masing Pengurus Persatuan Pedagang Pasar Malam Indonesia (P3MI) yang berseteru dengan komunitas Warior Kuningan.

"Betul, bentrok terjadi itu ada penyerobotan lapak yang dilakukan oleh Warrior. Padahal, kami (P3MI) sebelumnya sudah ada kesepakatan dengan PDAU sebagai panitia penyelenggara pameran pembangunan tersebut," kata Manaf yang juga pengurus P3MI Kuningan menjelaskan kepada TribunCirebin.com, saat live Facebook TribunCirebon.com, Sabtu (27/8/2022).

Baca juga: Muncul Dugaan Bisnis Lapak Pameran Pembangunan Hari Jadi ke-524 Kuningan, Bupati Acep Angkat Bicara

Bupati Kuningan H Acep Purnama
Bupati Kuningan H Acep Purnama (Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai)

Manaf menduga penyerobotan lapak yang dilakukan oleh Warrior diketahui oleh Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU). Sebab dalam tindakan di lokasi itu jelas pihak PDAU seolah melakukan pembiaran terhadap aksi kelompok Warrior tersebut.

"Bentrokan terjadi, kami menduga PDAU bermain atau keberatan dengan komitmen yang dibangun dengan kelompok Warrior. Padahal secara legalitas, itu P3MI memiliki hak dalam melakukan pengelolaan lapak pameran dan tindakan kami atas kesepakatan dengan PDAU yang disaksikan DPRD Kuningan usai rapat bersama," katanya.

Lokasi pameran pembangunan Hari Jadi ke-524 Kuningan, Sabtu (27/8/2022).
Lokasi pameran pembangunan Hari Jadi ke-524 Kuningan, Sabtu (27/8/2022). (Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai)

Beredar foto peleraian yang dilakukan oleh Bupati dan Kapolres Kuningan, kata Manaf membenarkan bahwa ini peleraian untuk menciptakan kondusifitas lingkungan.

Meski demikian, pertemuan peleraian itu tidak menyurutkan semangat P3MI untuk berpartisipasi dalam kegiatan pameran pembangunan tersebut.

"Ya meski sudah dilerai oleh Kapolres dan Bupati, kami tetap berusaha sesuai dengan kapasitas P3MI. Usaha kami itu jelas, berjualan di setiap event pasar malam dan pengelolaan lapak itu kami gratiskan, sebab semua yang terlibat dalam usaha kami koordinir itu anggota P3MI," katanya.

Menyoal dengan dugaan bisnis lapak hingga jutaan, kata Manaf membenarkan bahwa lapak pameran pembangunan itu diperjualbelikan. Satuan lapak yang dijual kepada peserta pameran itu seharga Rp 9 juta.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved