Breaking News:

Alhamdulillah Gadis Penderita Kusta di Indramayu Akhirnya Ditangani Secara Layak, Dibantu Kemensos

Setelah ramai dipemberitaan, Kementerian Sosial RI melalui Sentra Phalamartha Sukabumi langsung bergerak cepat membawa Kharen ke RS Sitanala Tangerang

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Mumu Mujahidin
Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Karen (15), gadis asal Desa Eretan Wetan, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu menderita penyakit kusta, Jumat (19/8/2022). Akhirnya Kemensos turun tangan untuk membantu Kharen. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Kharen Alit Abrara, gadis 15 tahun asal Kabupaten Indramayu yang menderita penyakit kusta akhirnya mendapat penanganan yang layak.

Setelah ramai dipemberitaan, Kementerian Sosial RI melalui Sentra Phalamartha Sukabumi langsung bergerak cepat membawa Kharen ke RS Sitanala Tangerang. 

Pekerja Sosial Sentra Phalamartha Sukabumi, Didi Supriyadi mengatakan, penyakit Kusta tersebut awalnya dialami Kharen pada April 2022 lalu.

Ia mengalami demam dan pembengkakan pada kakinya.

Saat itu, gadis asal Desa Eretan Wetan, Kecamatan Kandanghaur tersebut dibawa ke puskesmas dan hanya diberi obat penurun demam serta vitamin.

Kendati demikian kondisi kesehatannya tidak kunjung membaik dan justru mulai timbul gejala kusta seperti lemas dan timbul luka-luka di kedua kaki, tangan, serta anggota tubuh lainnya.

Pada Juli 2022, Kharen diperiksa di RSUD Indramayu dan didiagnosa menderita penyakit kusta.

Dari hasil pemeriksaan, penyakit kusta yang diderita gadis tersebut diketahui sudah semakin memburuk karena terlambat penanganan.

"Sehingga kami ditugaskan oleh Kementerian Sosial RI melalui Sentra Phalamartha Sukabumi untuk merespon laporan masyarakat tentang anak usia 15 tahun bernama Kharen yang menderita kusta namun belum mendapatkan pengobatan yang layak," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Jumat (26/8/2022).

Baca juga: Kusta Gerogoti Kedua Kaki Karen, Gadis Indramayu Ini Ingin Cepat Sembuh Agar Bisa Sekolah Lagi

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved