Breaking News:

Harga Telur Ayam di Kuningan Masih Mahal, Tapi Peternak Ayam Petelur Masih Mengeluh

Satuan harga telur ayam di sejumlah pasar tradisional di Kuningan masih bertahan di 'langit' alias masih mahal.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: dedy herdiana
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Telur ayam di lapak pedagang di Pasar Tradisional 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Satuan harga telur ayam di sejumlah pasar tradisional di Kuningan masih bertahan di 'langit' alias masih mahal.

Harga telur ayam di pasar mash pada kisaran Rp 32 ribu per kg, tapi tidak memberikan keuntungan lebih bagi para peternak ayam petelur di daerah.

Anto (37) salah seorang peternak di Kuningan mengungkap, sebanarnya dengan harga jual telur di pasaran hingga Rp 31 ribu per kg itu bagian tingkat kesejahteraan. Namun, untuk kondisi ini tidak berpihak besar pada kalangan peternak yang sebagian gulung tikar alias bangkrut.

Baca juga: Harga Telur Ayam Rp 31 Ribu per Kg, Pedagang di Pasar Kanoman Cirebon Terpaksa Kurangi Stok

"Memang sangat diakui, untuk kondisi harga jual sekarang itu bagus bagi kami sebagai 'anak kandang', akan tetapi ini hanya angin segar saja. Sebab, dari beberapa waktu lalu teman - teman kami tutup usaha karena banyak alasan," ungkapnya saat memberikan keterangan kepada TribunCirebon.com, Kamis (25/8/2022).

Anto menyebut alasan peternak ayam petelur tutup usaha, itu diantaranya harga pakan naik dan tingkat produksi berkurang. Hingga kualitas telur pun tidak baik.

"Selain alasan tadi, di musim pancaroba sekarang. Kondisi kesehatan ayam tidak bisa bertahan dan banyak yang mati. Jadi, dengan kondisi kenaikan harga telur itu beruntung bagi mereka pengusaha besar saja," katanya.

Menyinggung soal harga telur di kandang, kata dia menyebut bahwa untuk harga jual sekarang masih sekitar Rp 29.500 per Kg. "Ya, kemarin dan hingga saat ini, kami jual telur per kg itu Rp 29500," katanya.

Terpisah petugas pasar tradisional Kuningan, Arisman menyebut untuk harga komoditas telur hingga sekarang masih bertahan di harga Rp 31 ribu per Kg. "Ya untuk harga telur masih 31 ribu per Kg," katanya.

Kemudian berdasarkan pendataan harga setiap komoditasnya itu sebagai berikut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved