Breaking News:

Siap-siap Beragam Olahraga Tradisional Bakal Diperlombakan di Indramayu, Catat Waktu Pelaksanaannya

Beragam olahraga tradisional bakal diperlombakan di Kabupaten Indramayu. Rencananya, ada 14 kategori olahraga tradisional yang akan dipertandingkan.

Penulis: Handhika Rahman | Editor: dedy herdiana
Dok. KORMI Indramayu
Rakerda KORMI Indramayu untuk mempersiapkan festival lomba olahraga tradisional di Kabupaten Indramayu. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Beragam olahraga tradisional bakal diperlombakan di Kabupaten Indramayu.

Rencananya, ada 14 kategori olahraga tradisional yang akan dipertandingkan.

Mulai dari Terompah Panjang, Egrang, Lari Balok, Hadang, Ketapel, Sumpitan, Tarik Tambang, Dagongan, Dayung Berhantu.

Rakerda KORMI Indramayu untuk mempersiapkan festival lomba olahraga tradisional di Kabupaten Indramayu.
Rakerda KORMI Indramayu untuk mempersiapkan festival lomba olahraga tradisional di Kabupaten Indramayu. (Dok. KORMI Indramayu)

Olahraga tersebut merupakan rumpun Olahraga Tradisional dan Kreasi Budaya (OTKB) dalam Induk Organisasi Olahraga (INORGA) Pelestari Olahraga Tradisional Indonesia (PORTINA). 

Selain itu, ada pula olahraga Panahan Tradisional, Skateboard, Pushbike, Footbal Freestyle serta Aerobik yang turut diperlombakan.

"14 jenis perlombaan dan pertandingan olahraga rekreasi masyarakat Indonesia ini siap dipertandingkan dalam festival olahraga rekreasi tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten," ujar Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Indramayu, Sirojudin kepada Tribuncirebon.com, Senin (1/8/2022).

Sirojudin menyampaikan, perlombaan olahraga tradisional ini digelar dalam Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Kecamatan (FORCAM) dan Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Kabupaten (FORKAB)

Rencananya akan dilaksanakan pada September hingga Oktober 2022 mendatang.

"Kita juga sudah lakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada perwakilan Pemerintah Kecamatan se- Indramayu serta perwakilan Ikatan Guru Olahraga dari masing-masing Kecamatan se Indramayu," ujar dia.

Sirojudin menyampaikan, festival tersebut merupakan wujud keseriusan KORMI Indramayu dalam membina prestasi olahraga rekreasi masyarakat di Indramayu.

Selain itu untuk mempererat tali silaturahmi antar komponen masyarakat dan generasi muda. 

"Forkab juga bertujuan untuk menjaring bibit-bibit atlet potensial, meningkatkan prestasi olahraga, memupuk persatuan dan kesatuan masyarakat Kabupaten Indramayu, serta menjaring dan menyumbang atlet berprestasi dari Indramayu untuk nantinya berlaga mewakili provinsi, nasional maupun internasional," ucapnya.

KORMI Indramayu berharap, agar Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Kabupaten (Forkab) Indramayu ini sebagai wahana untuk menunjukan prestasi terbaik dengan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan kekeluargaan. 

 

 

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved