Breaking News:

Tegang! Begini Suasana Latihan Evakuasi Pesawat Cessna yang Terbakar di Bandara Husein Sastranegara

latihan evakuasi pesawat Cessna yang terbakar ini adalah untuk menguji prosedur dan fasilitas yang sudah dituangkan dalam dokumen. 

Editor: Mumu Mujahidin
Tribunjabar.id/Nazmi Abdurahman
Sebuah pesawat jenis Cessna, terbakar di hanggar Bandung Pilot Akademi (BPA), dalam latihan Partial Exercise Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung Kamis (7/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman. 

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Situasi menegangkan, menyelimuti Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung.

Sebuah Pesawat Cessna, terbakar di hanggar Bandung Pilot Akademi (BPA), Kamis (7/7/2022). 

Situasi ini merupakan skenario dalam latihan Partial Exercise Laund Husein Sastranegara dengan Bandara Husein Sastranegara. 

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB hingga siang hari itu, mensimulasikan  penanganan kebakaran pesawat serta evakuasi awak pesawatnya. 

Sebuah pesawat jenis Cessna, terbakar di hanggar Bandung Pilot Akademi (BPA), dalam latihan Partial Exercise Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung Kamis (7/7/2022).
Sebuah pesawat jenis Cessna, terbakar di hanggar Bandung Pilot Akademi (BPA), dalam latihan Partial Exercise Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung Kamis (7/7/2022). (Tribunjabar.id/Nazmi Abdurahman)

Fungsi koordinasi, komunikasi, komando serta sinkronisasi antarunit dan instansi dilatih dan diuji sesuai dengan Dokumen Penanggulangan Keadaan Darurat Bandar Udara (Airport Emergency Plan), Dokumen Program Keamanan Bandar Udara (Airport Security Programme) serta Standard Operating Procedure (SOP) yang berlaku di bandara. 

Danlanud Husein Sastranegara, Kolonel Pnb I Gusti Putu Setia mengatakan, latihan atau partial exercise ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan satu kali dalam setahun. 

Tujuan pelatihan ini, kata dia, untuk menguji keterampilan personil dalam operasi pertolongan pemadaman dan evekuasi serta menguji keterampilan dalam penggunaan alat pertolongan pemadam dan evakuasi. 

Baca juga: Pasukan Hanlan Ringkus 4 Teroris Bersenjata yang Masuk ke Ring 1 Lanud Husein Sastranegara

"Ini kegiatan tahunan, pada masing-masing anggota dapat mengukur kemampuan diri, sejauh mana penguasaan dari materi yang akan diterpkan di lapangan, tentunya ini akan diterapkan pada kondisi yang tidak diharapkan di Bandara dan Lanud Husein," ujar Gusti Putu Setia, seusai latihan

Latihan ini, kata dia, dilakukan bersama intansi lain untuk mengetahui, siapa berbuat apa dan bagaimana penanggulangannya. 

"Dalam latihan ini juga ada beberapa tim penilai untuk melihat apa kekurangannya, kemudian kita perbaiki. Intinya, ketika terjadi, semuanya sudah siap dengan penanganan terbaik dari kita," katanya. 

Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara, Cin Asmoro menambahkan, latihan evakuasi pesawat Cessna yang terbakar ini adalah untuk menguji prosedur dan fasilitas yang sudah dituangkan dalam dokumen. 

"Jadi, latihan sesuai ketentuan dilaksanakan satu tahun sekali, pada kali ini kegiatannya di depan kantor BPA dan pesawat Cesna yang terbakar. Kita uji (kesiap siagaanya) dan nanti kita evaluasi," ujar Cin Asmoro.

Baca juga: Naik Pesawat di Bandara Husein Sastranegara Tanpa PCR & Antigen, Tapi Wajib Penuhi Syarat Ini

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved