Breaking News:

Pangdam III/Siliwangi Berikan Perahu Patroli, Kepala Desa Jagara Kuningan Ungkap Begini

emerintah Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan terlihat senang saat mendapat hadiah satu unit perahu patroli

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: dedy herdiana
Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
Perahu patroli dari Pangdam III/Siliwangi di Waduk Darma, Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Kamis (7/7/2022). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Pemerintah Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan terlihat senang saat mendapat hadiah satu unit perahu patroli untuk pengawasan serta penertiban petani ikan jaring apung di Waduk Darma.

Perahu patroli diberikan oleh Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo melalui Dandim 0615/ Kuningan, Letkol CZI David Nainggolan.

"Iya, kami sangat senang mendapat bantuan perahu patroli dari Bapak Pangdam III Siliwangi yang di serahkan langsung Pak Dandim," ungkap Umar Hidayat yang juga Kepala Desa Jagara saat menerima hadiah cuma - cuma tersebut, Kamis (7/7/2022).

Umar mengatakan, perahu ini akan difungsikan sebagai perahu patroli terkait penataan dan ketertiban Keramba Jaring Apung (KJA) yang ada di Waduk Darma serta pelestarian waduk agar terhindar dari sampah.

"Yang akan menggunakan perahu ini nantinya adalah satgas penertiban dan penataan KJA yang mana di dalamnya ada unsur TNI dan Polri. Sekarang berarti perahu patroli sudah ada 2 yang satu dari pemda dan 1 dari TNI," ujarnya.

Umar Hidayat menjelaskan, keberadaan usaha budidaya ikan jaring apung di kawasan perairan Waduk Darma, ini menjadi sumber penghidupan masyarakat sekitar.

"Ya hampir 80 persen warga kami bergantung pada kegiatan di sekitar perairan Waduk Darma. Mereka ada yang jadi Petani Ikan Jaring Apung, terus ada yang usaha bergerak di jasa angkutan perahu wisata dan beberapa bagian kecil lainnya terpecah. Ada petani, serabutan dan pegawai," ujarnya.

Terpisah Dandim 0615/KNG Letkol Czi David Nainggolan berharap perahu tersebut bisa dimanfaatkan sebagaimana fungsinya.

"Pemberian bantuan ini untuk meningkatkan kualitas ekonomi kerakyatan. Terutama kalangan warga yang berusaha di kawasan perairan Waduk Darma tersebut. Semoga perahu patroli ini bermanfaat bagi masyarakat setempat," ujarnya. (*)

Baca juga: Memasuki Musim Kawin Ular: Pawang Ular Kuningan Buru King Kobra, Damkar Tangkap Ular di Toko Sepatu

 

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved