Breaking News:

Persibmania

Persib vs PSS Sleman, Maung Bandung Bakal Pincang Tanpa 8 Pemain Sekaligus, Ini Analisisnya

Sujana pun menuturkan, absenya David da Silva dan Ciro Alves otomatis Persib kehilangan pemain bernomor 9 di laga besok. 

Editor: Mumu Mujahidin
Tribunjabar.id/Cipta Permana
Marc Klok mulai ikut berlatih dalam latihan perdana paska libur, di Stadion Persib, Jalan A. Yani, Kota Bandung, Senin (27/6/2022). Laga Persib vs PSS Sleman Maung Bandung akan pincang ditinggal 8 pemainnya. 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Cipta Permana

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Analisis mantan pemain Persib Sujana untuk laga Persib vs PSS Sleman.

Persib dipastikan tampil pincang tanpa delapan pemainnya saat menghadapi PSS Sleman dalam pertandingan babak perempat final Turnamen Piala Presiden 2022, yang akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Jumat (1/6/2022).

Adapun pemain Persib yang absen di laga besok yakni, Teja Paku Alam, Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Ciro Alves, dan David da Silva akibat cedera.

Kemudian, Beckham Putra Nugraha akibat akumulasi kartu kuning.

Serta dua pemain muda yang tengah memperkuat Timnas Indonesia U-19 yakni, Kakang Rudianto dan Ferdiansyah Cecep.

Mantan pemain Persib Bandung, Sujana menilai, meski kehilangan cukup banyak pemain, namun dirinya mengaku optimis Maung Bandung mampu menjinakkan tim Super Elja dengan komposisi pemain yang ada di laga besok.

"Dengan pemain yang ada saat ini Persib masih memiliki peluang untuk bisa memenangkan pertandingan besok, tinggal tergantung strategi pelatih saja besok bagaimana, apakah akan menekan sejak awal atau menunggu dan mengandalkan serangan balik," ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Kamis (30/6/2022).

Menurutnya, apabila Persib bermain menunggu dan mengandalkan serangan balik, tentunya cukup beresiko untuk kebobolan lebih dulu, seperti yang terjadi saat menghadapi Persebaya Surabaya di babak penyisihan grup kemarin. 

Baca juga: Hadapi PSS Sleman, Persib Bandung Targetkan Menang dalam 90 Menit, Ogah Adu Penalti

"Dengan pola menunggu tentu beresiko untuk ditekan lawan dan bisa kebobolan. Kalau sudah kebobolan begitu, para pemain yang saya lihat sering panik dan buru-buru untuk bisa menyamakan gol. Ini yang sering bikin Persib eror, karena melupakan apa strategi yang sudah disusun di awal," ucapnya.

Sujana pun menuturkan, absenya David da Silva dan Ciro Alves otomatis Persib kehilangan pemain bernomor 9 di laga besok. 

Namun beberapa opsi pemain dapat di pilih Robert Rene Alberts, dengan menempatkan Ezra Walian ataupun Erwin Ramdani untuk menambal posisi penyerang. Apalagi Erwin, lanjutnya diketahui sebelum bergabung di Persib, posisinya adalah striker.

Selain itu, Robert Rene Alberts pun dapat memainkan strategi False Nine atau tanpa striker, dengan memaksimalkan peran empat pemain dari lini tengah, seperti Frets Butuan, Ezra Walian, Ricky Kambuaya, dan Erwin Ramdani.

"Bahkan dalam beberapa pertandingan di Liga kemarin, Persib Bandung pernah mencoba pola tersebut, dengan menarik David da Silva lebih ke dalam untuk menarik penjagaan para bek lawan, dan para gelandang sayap lah yang memaksimalkan peluang yang ada untuk mencetak gol. Jadi rotasinya enggak sulit, tinggal pemain harus paham saja apa yang harus dilakukan," ujarnya Sujana.

Baca juga: Persib Bandung Kontra PSS Sleman Ajang Adu Taktik Pelatih Bertangan Dingin

Terkait prediksi skor, menurutnya, Persib Bandung akan menang tipis 2-1 atau 1-0.

"Dengan kondisi seperti ini, kemungkinan pencetak gol adalah pemain yang berada di lini kedua (tengah) atau pemain belakang. Siapapun itu, yang penting Persib bisa menang," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved