Breaking News:

Proyek Pembangunan Kawasan Wisata Waduk Darma Mangkrak, Bikin Prihatin Pelancong

Proyek pembangunan di kawasan objek wisata Waduk Darma mangkrak. Kondisi itu mengundang pertanyaan dan keprihatinan para pelancong

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Pembangunan tahap kedua kawasan wisata Waduk Darma Kuningan, mangkrak sejak empat bulan lalu. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Proyek pembangunan di kawasan objek wisata Waduk Darma mangkrak. Kondisi itu mengundang pertanyaan dan keprihatinan para pelancong setempat.

"Prihatin sekali ini bangunan kok gak diterusin. Emang ada apa sih Kang," ungkap Wati (42) salah seroang pelancong saat ditemui tadi, Rabu (22/6/2022).

Menurut Wati, tersendatnya pembangunan tersebut mengganggu kenyamanan lingkungan sekitar. "Iya sih, sebenarnya pembangunan berhenti ini ganggu juga, tapi mau apalagi emang gini kondisinya," kata Wati lagi.

Baca juga: Petani KJA Waduk Darma Terpelanting Saat Tangkap Ikan Raksasa, Ikan Akan Dilelang Jika Ada yang Beli

Ujang (40) pengusaha perahu wisata, mengatakan, tak mengetahui sumber anggaran kegiatan pembangunan di kawasan Waduk Darma ini dari pemerintah atau bukan. Namun kondisi mangkrak itu sudah hampir empat bulan berjalan.

"Pembangunan berhenti itu kira - kira sudah hampir empat bulan. Terus, soal sumber darimana biaya proyek tersebut, saya tidak tahu," kata Ujang.

Ujang menceritakan, pembangunan mangkrak ini merupakan kegiatan renovasi dari pada pengerjaan proyek yang diberikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Tapi soal lanjutan kegiatan pembangunan sekarang justru tidak tahu.

"Kalau dengar informasi, pembangunan ini renovasi kawasan wisata Waduk Darma tahap II. Dari sebelumnya pembangunan tahap pertama yang diberikan Pak Ridwan Kamil beberapa waktu lalu," katanya.

Terlepas dengan proyek pembangunan mangkrak, Ujang mengaku untuk jumlah wisatawan itu selalu ramai saat memasuki akhir pekan dan liburan tanggal merah.

"Untuk wisata itu ramainya Sabtu dan Minggu, juga pada hari biasa pas tanggal merah," kata Ujang seraya menambahkan bahwa untuk ongkos naik perahu Rp 20 ribu dan bisa keliling perairan Waduk Darma

Seperti Ancol

Beberapa waktu lalu diberitakan, memasuki pembangunan Destinasi Wisata Waduk Darma Kuningan tahap II, yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat sekitar Rp 40 miliar.

Tentu usai melakukan tahapan demi tahapan dalam mengerjakan pembangunan tersebut. Demikian hal itu dikatakan karyawan perusahaan umum daerah Kuningan, Adam Firdaus saat ditemui di lokasi Wisata Waduk Darma setempat, di Kecamatan Darma - Kuningan, Rabu (7/4/2021).

Adam mengatakan, belum lama untuk tahapan sosialisasi di lingkungan internal sudah dilakukan. Terlebih surat pelaksanaan kerja itu diketahui sudah turun di Bulan April. 

"Mudah - mudahan ditengah Bulan April ini bisa mengawali pelaksanaan kerja. Dalam pengembangannya, pembangunannya itu lebih kedaratan dengan banyak mendirikan tempat terbuka dan taman serta minus cottage atau fasilitas penginapan," ungkap Adam.

Teknik pengerjaan dilakukan oleh pihak ketiga dengan cara kerja tersendiri. Hal itu menyusul dengan sejumlah lapak usaha warga tetap dan tidak tetap, yang masih ingin beroperasi hingga merasakan momen lebaran nanti.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved