Breaking News:

Aturan Baru Naik Kereta Api, Penumpang Sudah Divaksin Dosis Kedua Tak Perlu Tes Covid-19

PT KAI Daop 3 Cirebon telah menerapkan aturan baru bagi penumpang yang menaiki kereta api jarak jauh.

TribunCirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Penumpang saat menunjukkan kelengkapan persyaratan sebelum naik kereta api di Stasiun Cirebon Prujakan, Jalan Nyi Mas Gandasari, Kota Cirebon, Senin (16/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - PT KAI Daop 3 Cirebon telah menerapkan aturan baru bagi penumpang yang menaiki kereta api jarak jauh.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto, mengatakan, hal itu sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 57 Tahun 2022.

Menurut dia, aturan yang tertuang dalam surat edaran tersebut secara efektif berlaku di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon mulai 18 Mei 2022.

"Kami langsung menindaklanjuti surat edaran tersebut, dan menyesuaikan aturan bagi penumpang kereta api," kata Suprapto saat ditemui di Stasiun Cirebon, Jalan Inspeksi, Kota Cirebon, Kamis (19/5/2022).

Baca juga: Aturan PCR Berubah, Ini Syarat Terbaru Naik Pesawat Kamis 19 Mei 2022

Sejumlah penumpang saat menunggu kereta api langsir di Stasiun Cirebon, Jalan Inspeksi, Kota Cirebon, Sabtu (2/4/2022).
Sejumlah penumpang saat menunggu kereta api langsir di Stasiun Cirebon, Jalan Inspeksi, Kota Cirebon, Sabtu (2/4/2022). (Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi)

Ia mengatakan, dalam surat itu disebutkan penumpang yang telah divaksin hingga dosis kedua dan ketiga atau booster tidak perlu menunjukkan hasil negatif skrining Covid-19.

Baca juga: Bukan Cuma Antigen & Booster, Ini Aturan Terbaru Mudik Naik Kereta, Bus dan Pesawat

Karenanya, mereka tidak memerlukan surat keterangan negatif Covid-19 dari hasil pemeriksaan swab test PCR maupun rapid test antigen sebagai syarat naik kereta api.

Namun, surat tersebut wajib dilampirkan oleh penumpang kereta api jarak jauh yang baru menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

"Masa berlaku surat keterangannya untuk hasil pemeriksaan rapid test antigen 1 × 24 jam dan swab test PCR selama 3 × 24 jam," ujar Suprapto.

Sementara bagi anak berusia di bawah enam tahun tidak wajib memenuhi persyaratan vaksinasi dan surat keterangan negatif Covid-19.

Baca juga: Ketua DPRD Apresiasi Kota Cirebon Raih Opini WTP Enam Kali Berturut-turut

Namun, anak-anak tersebut wajib didampingi anggota keluarganya yang memenuhi persyaratan naik kereta api sesuai SE Kemenhub Nomor 57 Tahun 2022.

Suprapto menyampaikan, khusus penumpang yang belum di vaksin karena alasan medis, wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil keterangan negatif Covid-19.

"Untuk kereta api lokal atau wilayah aglomerasi, syaratnya wajib sudah vaksin dosis pertama maka tidak memerlukan surat keterangan negatif Covid-19," kata Suprapto.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved