Breaking News:

Panitia UTBK Siaga di Lokasi Sejak Subuh, Peserta Jangan Sampai Salah Lokasi Ujian

para peserta UTBK-SBMPTN yang memilih Unpad sebagai lokasi ujian, jangan sampai salah lokasi. 

Editor: Machmud Mubarok
(Dok. Kompas.com)
Para peserta ujian SBMPTN berbasis komputer (UTBK) di salah satu panitia lokal Jakarta Kampus UI Depok (8/5/2018) 

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Puluhan ribu calon mahasiswa baru bakal mengikuti test Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) tahun 2022. 

Pelaksanaan UTBK ini dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama akan dimulai tanggal 17-23 Mei 2022.  Sedangkan gelombang kedua, dilaksanakan mulai tanggal 28 Mei sampai 3 Juni 2022.

Kepala Kantor Komunikasi Publik Universitas Padjajaran (Unpad), Dandi Supriadi,  mengingatkan para peserta UTBK-SBMPTN yang memilih Unpad sebagai lokasi ujian, jangan sampai salah lokasi. 

Baca juga: INI Daftar Sekolah SMA Terbaik di Cirebon, Dilengakapi Nilai UTBK, Tentukan Pilihan untuk PPDB

Baca juga: Jelang PPDB 2022, Ini Daftar 10 SMA Terbaik di Kota Bandung, Berikut Nilai UTBK

Ujian, ujar Dandi, dipusatkan di Kampus Unpad di Jatinangor, Sumedang. Tidak ada ujian yang berlangsung di Kampus Unpad lainnya, seperti di Jalan Dipati Ukur, Kota Bandung.

"Semua dilaksanakan di Jatinangor. Jangan sampai nanti peserta salah tujuan malah ke DU ( Unpad di Dipati Ukur)," kata Dandi kepada Tribun di Sumedang, Senin (16/5).

Di Jatinangor, Unpad menyiapkan 8 lokasi ujian. Masing-masing adalah ruangan komputer di 7 Fakultas, dan satu lokasi ujian di gedung perkuliahan bersama.

"Kami sudah siap, esok (17/5), kami sudah siap sejak Subuh karena ujian dimulai pukul 06.45," kata Dandi.

Dalam sehari, ada sebanyak 1.235 orang peserta yang mengikuti ujian. Untuk gelombang pertama, ujian berlangsung pada tanggal 17-23 Mei 2022.

Untuk gelombang kedua, ujian berlangsung pada tanggal 28-31 Mei 2022.  "Total semua peserta  yang ujian di Unpad adalah 11.312 orang. UTBK ini bukan ujian khusus masuk Unpad, melainkan seleksi umum masuk perguruan tinggi," katanya.

UTBK-SBMPTN ini digelar di tengah pandemi Covid-19. Unpad telah memberikan informasi agar peserta senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan mengenakan masker, menggunakan cairan santitasi tangan, dan menjaga jarak.

"Juga memasang aplikasi Peduli Lindungi pada ponsel karena nanti harus memindai kode bar untuk mengecek apakah peserta suda vaksin atau belum. Jika belum sama sekali vaksin, peserta harus menunjukkan surat hasil swab," katanya.

Peserta disarankan pula melengkapi diri dengan alat-alat ujian. Jangan sampai alat-alat seperti alat tulis saling meminjam. Di luar ujian, peserta juga diminta untuk membawa perlengkapan ibadah sendiri.

Selain di Kampus Unpad, UTBK juga akan digelar di  Kampus UPI. Koordinator TIK Pusat UTBK UPI 2022, M Ridwan Sutisna mengatakan, total ada 20.896 calon mahasiswa yang akan mengikuti test di Kampus UPI.  Dari jumlah tersebut, 16.346 di antaranya bakal mengikuti test di Kampus UPI Setiabudhi, Poltekpos dan Polban yang menjadi mitra UPI.

"Sisanya ada di UPI Cibiru 2.340, Sumedang 1.040 dan Purwakarta 1.170. Total 20.896," ujar Ridwan, saat dihubungi Senin (16/5).

Ia memastikan semuanya persiapan sudah selesai. "Kita total ada 79 ruangan yang terlibat tahun ini, semuanya beroperasi penuh. Kapasitasnya per hari beda-beda, karena ada sesi campuran dan reguler, tapi secara umum sekitar 700 unit PC standby setiap hari," katanya.

UPI juga, kata dia, melayani calon mahasiswa tuna netra dan tuna daksa. Menurutnya, di Jawa Barat hanya UPI yang melayani tuna netra dan tuna daksa.

"Mungkin di Kota Bandung atau Jawa Barat hanya kita. Untuk tuna netra itu difasilitasi satu sesi, pada sesi ke lima di hari Kamis, jadi tidak disetiap sesi. Pelaksanaannya hanya di UPI pusat dan pesertanya itu tuna netra ada 12 orang dan tuna daksa sekitar 10 orang," ucapnya

Hari ini, sebanyak 22.083 peserta juga bakal mengikuti UTBK di Institut Teknologi Bandung ( ITB). Koordinator Pelaksana UTBK ITB 2022, Achmad Rochliadi, mengatakan UTBK ITB akan berlangsung di tujuh lokasi, yakni di kampus ITB Ganesha, SMAN 1 Bandung, SMAN 2 Bandung, SMAN 3 Bandung, SMAN 4 Bandung, SMAN 5 Bandung, dan SMKN 2 Bandung. Panitia sudah  menyiapkan sebanyak 1.155 komputer per sesinya. (nazmi abdurahman/kiki andriana/nandri prilatama)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved